Goethe: Bakat Terbentuk dalam Gelombang Kesunyian, Watak Terbentuk dalam Riak Besar Kehidupan

Bakat terbentuk dalam gelombang kesunyian, watak terbentuk dalam riak besar kehidupan.

Itulah salah satu kutipan kalimat bijak Johann Wolfgang von Goethe.


Johann Wolfgang von Goethe, lahir di Frankfurt, 28 Agustus 1749, merupakan seorang novelis, sastrawan, ilmuwan, dan filsuf Jerman.


Goethe merupakan salah satu tokoh terpenting dalam dunia sastra Jerman dan Neoklasisme dan Romantisisme Eropa pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19.

Johann Wolfgang von Goethe dilahirkan pada 28 Agustus 1749 di kota Frankfurt sebagai anak sulung dari delapan bersaudara, namun hanya dia dan adik perempuannya yang bertahan hidup.

Bakat Terbentuk dalam Gelombang Kesunyian, Watak Terbentuk dalam Riak Besar Kehidupan
Ayahnya adalah Johann Caspar Goethe, seorang ahli hukum, cendikiawan, pecinta seni, yang kaya raya. Sejak kecil, Goethe tidak pernah masuk ke dalam sekolah umum, tetapi dia belajar di rumah oleh guru privat dan ayahnya sendiri.

Pada usia 8 tahun, Goethe mulai menulis puisi dan dia menunjukkan ketertarikan pada teater sehingga ayahnya rutin mengadakan pertunjukan teater boneka di rumahnya.

Kemudian di usia 16 tahun, Goethe mulai berkuliah di Jurusan Hukum Universitas Leipzig, namun lebih banyak menghabiskan waktu untuk melukis dan menulis sastra. Pada tahun 1767, dia menerbitkan kumpulan puisinya yang pertama, Anette (kekasih Goethe di Leipzig).

Kemudian tahun 1768, Goethe kembali ke Frankfurt karena menderita sakit dan ayahnya kurang puas dengan perkembangan sekolah Goethe.

Pada tahun 1770, Goethe kembali mempelajari hukum di kota Strassburg dan lulus dengan gelar Litentatius Juris (setara dengan doktor).

Johann Wolfgang von Goethe meninggal di Weimar, 22 Maret 1832 pada usia 82 tahun.

Berikut beberapa kutipan kalimat bijak milik Goethe untuk Anda:

"Percayalah kepada diri sendiri, maka Anda akan tahu cara menjalani hidup."

"Ada dua hal yang harus didapatkan anak dari orangtuanya: akar dan sayap."

"Apa yang tidak dimulai hari ini tidak akan pernah selesai esok."

"Jika aku mencintaimu, apa urusanmu?"

"Apalah arti hidup jika tidak banyak memberi cinta dan manfaat kepada orang lain."

"Berpikir itu gampang, bertindak itu sulit, dan melaksanakan satu pikiran dalam tindakan adalah hal yang paling sulit di dunia."

"Orang yang mengikuti emosinya akan kehilangan adabnya. Orang yang berbohong itu senantiasa ingin melarikan diri, sedangkan tiada seorang pun yang mengejarnya, namun orang yang benar itu berani seperti singa."

"Untuk membuat sesuatu kau harus menjadi sesuatu."

"Bakat terbentuk dalam gelombang kesunyian, watak terbentuk dalam riak besar kehidupan."

"Cinta bukanlah masalah bagaimana saling menguasai, tapi saling mengolah tenggang rasa."

"Kadang-kadang nasib kita menyerupai pohon buah di musim dingin. Siapa yang akan berpikir bahwa cabang-cabang akan berubah lagi hijau dan mekar, tapi kami berharap itu, kita tahu itu."
"Kearifan ditemukan hanya dalam kebenaran."

"Kehidupan adalah milik mereka yang hidup, dan mereka yang hidup harus selalu siap menghadapi perubahan."

"Ketidakpuasan yang tidak produktif membuat orang lekas tua, sedangkan ketidakpuasan yang aktif menjamin usia tetap muda."
Goethe: Bakat Terbentuk dalam Gelombang Kesunyian, Watak Terbentuk dalam Riak Besar Kehidupan Goethe: Bakat Terbentuk dalam Gelombang Kesunyian, Watak Terbentuk dalam Riak Besar Kehidupan Reviewed by Sarno Wuragil on 1/27/2017 Rating: 5

No comments:

© 2017 www.sarno.id. Powered by Blogger.