Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen
Pengertian Manajemen

Manajemen merupakan proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (briefing) dan pengawasan (controlling) usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Manajemen berasal dari bahasa inggris yakni “manage” yang berarti, mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin. Secara etimologis manajemen adalah seni melaksanakan dan mengatur.



Manajemen juga dipandang sebagai ilmu yang mengajarkan proses mendapatkan tujuan organisasi dalam upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber milik organisasi. Orang yang melakukan
manajemen disebut dengan manajer.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Menurut Wilson Bangun: Manajemen adalah rangkaian aktivitas-aktivitas yang dikerjakan oleh anggota-anggota organisasi untuk mencapai tujuannya.

Menurut George R. Terry: Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan organisasional maksud yang nyata.

Menurut Encylopedia of the Social Science: Manajemen adalah suatu proses yang pelaksanaan tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.

Menurut Mary Parker Follet: Manajemen adalah sebuah seni atau management is an art). Setiap pekerjaan mampu diselesaikan oleh orang lain.

Menurut James A.F Stoner: Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan penggunaan sumber daya organisasi yang lain agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Menurut Lawrence A. Appley: Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.

Menurut Koontz: Manajemen adalah seni yang paling produktif selalu didasarkan pada pemahaman terhadap ilmu yang mendasarinya.
Pengertian Manajemen Pengertian Manajemen Reviewed by Sarno Wuragil on 1/13/2017 Rating: 5

No comments:

© 2017 www.sarno.id. Powered by Blogger.