Pengantar Perbankan: Suku Bunga


Pengertian Bunga Bank

  • Balas jasa yang diberikan oleh bank yang berdasarkan prinsip konvensional kepada nasabah yang membeli atau menjual produknya.
  • Harga yang harus dibayar kepada nasabah (yang memiliki simpanan) dengan yang harus dibayar oleh nasabah kepada bank (nasabah yang memperoleh pinjaman).

Jenis-jenis Bunga Bank

  1. Bunga simpanan. Bunga yang diberikan sebagai rangsangan atau balas jasa bagi nasabah yang menyimpan uang di bank. Bunga simpanan merupakan harga yang harus dibayarkan bank kepada nasabahnya. Contoh : Jasa giro, bunga tabungan, dan bunga deposito
  2. Bunga pinjaman. Bunga yang diberikan kepada peminjam atau harga yang harus dibayar oleh nasabah peminjam kepada bank. Contoh : Bunga kredit.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Suku Bunga

  1. Kebutuhan dana. Apabila bank kekurangan dana, sementara permohonan pinjaman meningkat, maka yang dilakukan oleh bank agar dana tersebut cepat terpenuhi dengan meningkatkan suku bunga simpanan. Peningkatan bunga simpanan secara otomatis akan pula meningkatkan bunga pinjaman, begitu juga sebaliknya.
  2. Persaingan. Dalam meperebutkan dana simpanan, maka di samping faktor promosi, yang paling utama pihak perbankan harus memperhatikan pesaing.
  3. Kebijaksanaan pemerintah. Bunga pinjaman dan simpanan tidak boleh melebihi bunga yang sudah ditetapkan oleh pemerintah
  4. Target laba yang diinginkan. Sesuai dengan target laba yang diinginkan, jika laba yang diinginkan besar, maka bunga pinjaman ikut besar dan sebaliknya.
  5. Jangka waktu. Semakin panjang jangka waktu pinjaman, maka semakin tinggi bunganya, hal ini disebakan besarnya kemungkinan risiko di masa mendatang.
  6. Kualitas jaminan. Semakin likuid jaminan yang diberikan, semakin rendah bunga kredit yang dibebankan dan sebaliknya.
  7. Reputasi perusahaan. Bonafiditas suatu perusahaan yang akan memperoleh kredit sangat menentukan tingkat suku bunga yang akan diberikan nantinya.
  8. Produk yang kompetitif. Produk yang dibiayai laku dipasaran, produk yang kompetitif, bunga kredit yang diberikan relatif rendah jika dibandingkan dengan produk yang kurang kompetitif.
  9. Hubungan baik. Bank menggolongkan nasabah antara nasabah utama (primer) dan nasabah biasa (sekunder). Penggolongan ini berdasarkan keaktifan serta loyalitas nasabah yang bersangkutan terhadap bank.
  10. Jaminan pihak ketiga. Perusahaan yang memberikan jaminan kepada penerima kredit.

Komponen-komponen dalam Menentukan Bunga Kredit

  1. Total biaya dana (cost of fund), Merupakan total bunga yang dikeluarkan oleh bank untuk memperoleh dana simpanan baik dalam bentuk simpanan giro, tabungan maupun deposito.
  2. Biaya operasi. Penggunaan sarana dan prasarana memerlukan sejumlah biaya yang harus ditanggung bank sebagai biaya operasi.
  3. Cadangan risiko kredit macet. Cadangan terhadap macetnya kredit yang akan diberikan, ini disebabkan setiap kredit mengandung resiko yang tak terbayar.
  4. Laba yang diinginkan. Dalam menginginkan laba bank hrs mempertimbangkan kondisi pesaing dan kondisi nasabah.
  5. Pajak. Merupakan kewajiban yang dibebankan pemerintah kepada bank yang memberikan fasilitas kredit kepada nasabahnya.

Jenis-jenis Pembebanan Suku Bunga Kredit
  1. Metoda sliding rate. Pembebanan bunga setiap bulan dihitung dari sisa pinjamannya sehingga jumlah bunga yang dibayarkan nasabah setiap bulan menurun seiring dengan turunnya pokok pinjaman. Akan tetapi, pembayaran pokok pinjaman setiap bulan sama. Cicilan nasabah (pokok pinjaman + bunga) otomatis dari bulan ke bulan semakin menurun. Jenis Slinding rate ini biasanya diberikan kepada sektor produktif, dengan maksud agar nasabah merasa tidak terbebani terhadap pinjamannya.
  2. Metoda flat rate. Pembebanan bunga setiap bulan tetap dari jumlah pinjaman, demikian pula pokok pinjaman setiap bulan juga dibayar sama sehingga cicilan setiap bulan sama sampai kredit berakhir.
  3. Metoda floating rate. Jenis ini membebankan bunga dikaitkan dengan bunga yang ada di pasar uang sehingga bunga yang dibayar setiap bulan sangat tergantung dari bunga pasar uang pada bulan tersebut.
Pengantar Perbankan: Suku Bunga Pengantar Perbankan: Suku Bunga Reviewed by Sarno Wuragil on 5/21/2017 Rating: 5

No comments:

© 2017 www.sarno.id. Powered by Blogger.