Home » Info » Yuk Kita Ngeblog

Yuk Kita Ngeblog

Yuk kita ngeblog

Yuk kita ngeblog. Kalimat ini sebenarnya untuk menyemangati diri saya sendiri yang sudah sekian lama tidak aktif memperbarui blog ini. Jika dilihat dari tulisan terakhir, sudah setahun saya tidak mengurus blog ini.

Membuat blog memang pekerjaan yang mudah, namun (sekali lagi), merawat blog dengan mengisi konten secara konsisten, menjadi pekerjaan berat bagi sebagian orang, termasuk saya.

Bagi saya, blog adalah tempat ketiga setelah keluarga dan teman-teman saya, untuk menyampaikan pendapat, ide, dan lainnya. Tetapi sampai saat ini, hal itu belum saya lakukan pada blog ini, hehe.

Kalau Anda lihat blog ini, sebagian besar isinya adalah materi-materi kuliah. Itu memang sengaja saya buat untuk mahasiswa-mahasiswa saya.

Advertisements

Setiap orang, memiliki tujuan dan cara masing-masing dalam memanfaatkan blog.

Definisi blog juga terus berubah seiring dengan pergeseran waktu.

Kalau kita tengok beberapa tahun ke belakang, orang cenderung memanfaatkan blog sebagai tempat untuk menyimpan “catatan harian”. Hal ini juga merujuk pada definisi bahwa blog adalah situs web berbasis teks.

Namun saat ini, sudah banyak kita jumpai blog foto, bahkan blog video.

Dari sisi pengguna, blog tidak hanya dimanfaatkan oleh perorangan, namun juga perusahaan.

Tidak sedikit perusahaan yang memperkerjakan para penulis untuk membangun blognya, dengan tujuan untuk menciptakan buzz positif tentang produk atau merek milik mereka.

Ngeblog untuk Menyalurkan Hobi

Tidak sedikit blogger yang menikmati melakukan aktivitas ngeblog hanya untuk menyalurkan hobi. Blogger ini menikmati ngeblog karena alasan bisa terus berhubungan dengan teman, mengekspresikan diri atau menyimpan catatan peristiwa penting.

Tetap berhubungan dengan teman dan anggota keluarga menjadi salah satu alasan seseorang mungkin ingin ngeblog. Ini sangat berguna bagi mereka yang lokasinya jauh dari teman dan anggota keluarga mereka.

Berhubungan melalui telepon, saling berkunjung, dan bahkan email tidak selalu mudah. Hal ini karena sulit untuk menjaga interaksi jarak jauh dengan beberapa orang yang berbeda sekaligus. Namun, dengan menggunakan blog, kita dapat menyederhanakan proses berhubungan dengan teman atau anggota keluarga karena mereka tidak perlu mengulangi informasi dalam panggilan telepon atau email.

Saat memiliki blog, kita dapat memilih untuk memposting berbagai informasi dan foto. Melalui informasi dan foto ini kita dapat memberi tahu orang lain tentang peristiwa saat ini. Teman dan anggota keluarga dapat melihat blog sesuai keinginan mereka.

Mereka juga dapat membaca komentar dari orang lain. Hal ini bermanfaat jika mereka yang melihat blog saling mengenal, karena mereka tidak hanya dapat tetap berhubungan dengan pemilik blog, tetapi juga bisa berkomunikasi dengan teman dan anggota keluarga lainnya melalui bagian komentar blog.

Blog untuk Pendapatan

Tidak dipungkiri, selain hobi, sebagian orang membuat blog untuk menghasilkan pendapatan secara online. Faktanya, banyak para blogger yang telah berhasil meraih pendapatan dari aktivitas ngeblog yang mereka jalani. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang menjadi full time blogger karena pendapatan lebih dari cukup jika dibandingkan ketika mereka menjadi karyawan atau menjalani usaha lainnya.

Nah, bagaimana untuk Anda yang belum memiliki blog, dan ingin membuat blog?

Saat ini telah banyak tersedia penyedia blog secara gratis, sebut saja weebly.com, tumblr.com, dan lainnya. Sedangkan platform blog yang paling populer sampai saat ini adalah blogger.com dan wordpress.com.

Tentang bagaimana cara membuatnya, di internet sudah banyak disajikan tutorial membuat blog.

So.., buat yang sampai saat ini belum memiliki blog, yuk kita ngeblog!

Masih Berkaitan:
Share This:
Tag: