Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol
Ilustrasi Bisnis Online
4.1
(17)

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol – Anda sedang berencana memulai bisnis online, tapi tidak punya pengalaman berbisnis? Jangan khawatir. Anda bisa mengikuti cara memulai bisnis online dari nol berikut ini.

Menyiapkan Mindset

Sebelum memulai bisnis online, kita perlu memiliki mindset yang benar. Pola pikir yang benar akan menyiapkan kita untuk proses selanjutnya dan menentukan kesuksesan kita. Jadi, seperti apa mindset yang benar itu?

Yang pertama adalah sifat pantang menyerah. Siap berbisnis artinya siap menghadapi tantangan, bahkan kegagalan. Tetapi, tantangan akan selalu ada. Yang menentukan adalah bagaimana kita menghadapinya.

Advertisement

Yang kedua adalah kemauan belajar. Kemauan belajar sangat diperlukan dalam bidang apapun, termasuk bisnis. Pada zaman sekarang pengusaha menghadapi kompetisi bisnis yang tangguh. Ditambah lagi kondisi dan selera pasar yang cepat sekali berubah. Untuk bisa terus bersaing, kita harus terus meningkatkan pengetahuan tentang pasar.

Menentukan Target Pasar

Sebelum menentukan apa yang ingin kita jual, kita harus menentukan kepada siapa kita akan menjual. Mengapa? Dengan menentukan target, kedepannya kita bisa lebih mudah membuat rencana pengembangan usaha. Jika kita menentukan produknya terlebih dahulu, maka target bisa jadi terlalu spesifik.

Misalnya Anda ingin menjual produk katering diet. Targetnya spesifik kepada orang yang menjalani diet saja. Sebaliknya jika menargetkan orang yang berdiet, Anda bisa menjual produk yang lebih bervariasi.
Selain catering menu diet, Anda bisa menjual suplemen kesehatan, produk olahraga, dan lain-lainnya yang bisa dibeli lebih banyak orang.

Untuk menentukan target pasar, Anda perlu membuat profil pembeli atau buyer persona. Buyer persona terdiri dari karakteristik utama pembeli. Contohnya usia, jenis kelamin, pendapatan, tempat tinggal, minat, permasalahan utama, bahkan media sosial yang digunakan.

Menentukan Model Bisnis

Cara memulai bisnis online dari nol yang selanjutnya adalah menentukan model bisnis yang sesuai. Untuk merencanakan model bisnis, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, contohnya:

  • Segmen pasar yang ditarget
  • Bentuk usaha (konsultasi, agensi, freelance, dan lainnya)
  • Produk yang dijual
  • Cara memasarkan produk
  • Hubungan antara bisnis dan konsumen
  • Modal dan sumber daya yang diperlukan
  • Aktivitas bisnis utama
  • Partner yang dibutuhkan, misalnya supplier atau distributor
  • Sumber pendapatan
  • Sumber pengeluaran
  • Dalam pembuatan model bisnis, Anda harus mengadakan riset pasar. Pengetahuan tentang pasar membuat bisnis Anda lebih relevan dengan kebutuhan pelanggan.

Menyiapkan Produk atau Jasa

Produk bisa berupa produk fisik atau digital, maupun jasa. Pilihan produk atau jasa yang Anda jual akan menentukan beberapa hal yang penting. Salah satunya adalah cara mendapatkan barang. Barang bisa dibuat sendiri atau dibeli dari reseller maupun sistem dropshipping.

Jenis barang juga mempengaruhi kurir yang digunakan. Misalnya, untuk bisnis F&B diperlukan kurir yang bisa mengantar makanan dengan cepat.

Advertisement

Membuat Landing Page

Selanjutnya adalah membuat landing page. Landing page adalah situs yang dikunjungi orang saat mencari tentang bisnis Anda di mesin pencari. Jadi bisa dibilang landing page ini berfungsi sebagai “toko” atau katalog bisnis Anda.

Landing page bisa dibuat dengan berbagai cara. Anda bisa membuat website untuk bisnis Anda melalui platform seperti WordPress. Anda juga bisa membuat akun di marketplace atau media sosial.

Memasarkan Produk

Untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan, Anda harus melakukan pemasaran yang efektif. Terutama online marketing. Online marketing yang sukses akan membangun reputasi Anda dan membedakan Anda dari kompetitor.

Online marketing adalah pemasaran yang dilakukan secara online, contohnya melalui media sosial, email newsletter, iklan, atau SEO optimization. Inti dari online marketing adalah konten yang menarik. Konten yang baik adalah yang mempunyai unsur cerita yang personal dan visual yang baik.

Untuk membuat konten yang menarik, Anda membutuhkan foto produk yang cantik. Selain promosi, foto produk yang baik lebih meyakinkan pelanggan. Anda bisa menggunakan banyak referensi foto promosi produk di internet sebagai contoh.

Memberikan Promosi

Salah satu alasan bisnis online sangat populer adalah banyaknya promosi. Promosi juga merupakan salah satu cara paling mudah untuk meningkatkan kesadaran pelanggan atas produk kita.

Advertisement

Siapa yang tidak tertarik dengan promosi seperti diskon, buy one get one, atau giveaway? Promo yang menarik bisa membuat orang mengenal produk Anda dan menjadi pelanggan.

Menjaga Kualitas Produk

Bisa dibilang bahwa tantangan yang paling besar dalam berbisnis adalah mempertahankan pelanggan. Walaupun promosi melalui online marketing sangat penting, promosi dari mulut ke mulut tetaplah cara yang paling efektif.

Jika mutu produk dan layanan yang kita berikan menurun, pelanggan bisa saja menyuruh kenalannya untuk tidak membeli produk kita. Sebaliknya jika kualitas selalu terjaga, mereka akan merekomendasikan bisnis Anda ke orang lain.

Anda telah membaca cara memulai bisnis online dari nol. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Apakah artikel ini bermanfaat?

Mohon sampaikan pendapat anda dengan klik bintang di bawah ini!

Average rating 4.1 / 5. Vote count: 17

No votes so far! Be the first to rate this post.