Empat Alasan Membuat Website untuk Bisnis Online

94
views
Membuat Website untuk Bisnis Online
Ilustrasi
4.4
(7)

Kenapa harus membuat website untuk bisnis online?
Saat ini internet sudah menjadi bagian utama dari kehidupan kita. Bahkan dalam bermacam aspek kegiatan yang saat ini kita lakukan sehari-hari, seluruhnya memerlukan bantuan internet.

Dimulai dari kegiatan pembelajaran, komunikasi, pelaksanaan tugas dan pekerjaan sehari-hari, bahkan untuk hal-hal yang terkait dengan hiburan. Rasa-rasanya mustahil jika sebentar saja melepaskan internet.

Salah satu aspek yang juga dipengaruhi eksistensinya oleh keberadaan teknologi internet adalah dunia bisnis.

Sebelum internet muncul dan berkembang saat ini, bisnis sudah menjadi salah satu bidang yang digeluti oleh masyarakat Indonesia.

Walaupun masih terbatas teknologi dan fasilitasnya, namun bisnis tetap menjadi profesi yang menantang dan menjanjikan.

Nah, keberadaan internet saat ini ternyata memengaruhi bisnis dalam lingkup yang lebih besar lagi.

Jika sebelumnya internet membuat jarak lebih dekat, dan waktu lebih singkat untuk para penggiat bisnis, muncul lagi semacam lapak-lapak online yang kemudian menjadikan bisnis sangat beragam.

Salah satu wadah yang dimunculkan oleh teknologi internet untuk para pelaku bisnis adalah website.

Nah, dalam artikel ini kita akan membicarakan mengenai alasan-alasan utama kenapa harus membuat website untuk bisnis online.

Apa sih Website Itu?

Sebelum jauh membicarakan kenapa harus membuat website untuk bisnis online, Anda harus paham dulu mengenai apa sebenarnya yang dimaksudkan dengan website itu sendiri.

Website merupakan sebuah halaman di internet yang biasanya memiliki domain atau alamat situs, dan memiliki hosting atau pengadaan konten di dalamnya.

Website biasanya dibuat dengan tujuan untuk menginformasikan, mengedukasi, mempromosikan, hingga menjual barang ataupun jasa kepada para konsumen atau pembaca.

Singkatnya, website merupakan sebuah lapak online yang bisa Anda jadikan tempat melakukan banyak kegiatan pemasaran, promosi, penjualan, hingga hiburan.

Jadi, kenapa harus membuat website untuk bisnis online?

Setelah mengetahui penjelasan mengenai makna website dan tujuannya dibuat, maka selanjutnya kita akan membahas mengenai pentingnya website ini untuk optimasi bisnis online Anda.

1. Meningkatkan Kesadaran Pasar

Pertanyaannya adalah, bagaimana bisa Anda berjualan kalau pembeli pun tidak pernah sadar kalau toko Anda ternyata ada?

Inilah alasan pertama Kenapa harus membuat website untuk bisnis online yang Anda jalankan.

Sebab website ini akan membantu Anda untuk menciptakan kesadaran pasar, mengenai keberadaan usaha Anda.

Tanpa website ini para konsumen mustahil bisa mengetahui tawaran dan produk yang Anda miliki.

Mungkin saja bisnis Anda bisa menyebar melalui rekomendasi dari mulut ke mulut, namun di zaman yang serba instan dan cepat ini, Anda akan kewalahan dan kalah oleh pesaing yang lebih bisa menjangkau pasar dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

Jangan sepelekan ketidaktahuan pasar, sebab hal yang seperti ini merupakan dasar utama dalam melakukan promosi dan penjualan produk Anda.

Kalau pasar tidak mengetahui mengenai keberadaan produk Anda sama sekali, atau masih merasa asing dengannya, maka akan sangat mungkin mereka tidak akan melirik tawaran-tawaran yang Anda berikan.

2. Website adalah Cara Meningkatkan Kredibilitas

Pernah tidak Anda ingin mencari rekomendasi tentang jasa atau suatu produk? Nah, apa yang Anda lakukan? Yap, pastinya Anda buka mesin pencari, dan Anda ketik kata-kata kunci untuk hal yang Anda butuhkan penjelasannya.

Sekarang bayangkan jika bisnis Anda tidak punya website resmi, maka kira-kira testimoni, review, dan opini tentang bisnis Anda bisa diraih oleh konsumen atau tidak?

Di zaman yang serba internet ini, Anda harus paham bahwa masyarakat kita pun mulai berubah kebiasaan hidupnya menjadi serba online.

Mereka berharap mendapatkan segala kebutuhan hanya dengan klik dan klik di platform online yang dimiliki.

Jika Anda tidak bisa menghadirkan website untuk menjawab pertanyaan mereka mengenai bisnis Anda, maka bisa dipastikan Anda tidak akan mendapatkan kredibilitas dari konsumen.

Membangun website untuk usaha Anda adalah salah satu cara meningkatkan kredibilitas dan mendapatkan kepercayaan konsumen.

Kredibilitas dan kepercayaan ini nantinya yang akan bisa berkembang dalam bentuk loyalitas konsumen.

Mereka yang sudah mendapatkan pelayanan dan produk yang baik pada akhirnya akan membantu Anda untuk melakukan penjualan, melalui rekomendasi dan testimoni yang mereka berikan.

Karena itulah kenapa harus membuat website untuk bisnis online, sebab mengumpulkan kepercayaan ini merupakan hal yang krusial bagi bisnis.

3. Efektif dan efisien

Seandainya kita harus kembali ke beberapa masa sebelum internet muncul dan merajalela, Anda pasti masih ingat segala kegiatan bisnis harus dilakukan dengan manual.

Paling gesit adalah menggunakan jasa telepon dan pengiriman kilat. Kalau mau melakukan promosi, Anda harus jalan dari pintu ke pintu, kantor ke kantor, rumah ke rumah, untuk menjelaskan dari A sampai Z mengenai bisnis Anda.

Setelah lelah jalan, Anda masih harus memikirkan untuk melakukan follow up kepada para konsumen tadi, yang artinya harus melakukan pekerjaan yang sama berkali-kali.

Anda bahkan tidak bisa menyebarkan produk dan jasa di toko Anda kepada orang-orang yang jaraknya di luar daerah Anda.

Kenapa harus membuat website untuk bisnis online? Nah, sekarang bayangkan dengan adanya website, semuanya jadi jauh lebih mudah.

Anda bisa membuat pesan promosi di dalamnya. Kemudian bisa juga menginovasi iklan penjualan, pemberian diskon, menciptakan banyak promosi.

Bahkan dengan website pun Anda bisa membuat katalog penjualan! Dan semua ini tidak perlu Anda lakukan dengan susah-susah, cukup duduk dan sinyal internet saja.

Semua keperluan Anda bisa dilakukan dalam jarak dan waktu yang singkat dan cepat. Bagaimana, efektif dan efisien kan?

4. Di Mana Saja dan Kapan Saja

Kenapa harus membuat website untuk bisnis online? Website memungkinkan Anda untuk berhubungan dengan pelanggan dan melakukan segala kegiatan bisnis Anda di mana saja dan kapan saja.

Singkatnya, membuat website untuk bisnis Anda sama saja seperti membuat toko yang tidak pernah tutup. Ada banyak manfaat dari hal ini. Misalnya, Anda bisa melayani pelanggan selama 24 jam penuh.

Bagi para pelaku bisnis, mengambil hati pelanggan adalah yang utama. Jika Anda lelah sebentar saja, mereka akan pindah ke lapak orang lain.

Menyediakan waktu dan perhatian penuh adalah cara terbaik untuk mempertahankan pelanggan, dan ini sangat memungkinkan untuk dilakukan melalui website.

Selanjutnya toko Anda jadi mudah dan gampang diakses tanpa harus bersusah-payah. Ketika ini terjadi, maka kepercayaan dan rekomendasi dari pasar akan lebih gampang untuk Anda dapatkan.

Bukan hanya itu, website mengizinkan Anda untuk melakukan perubahan dan perbaikan, juga improvisasi di mana saja dan kapan saja, tanpa butuh tenaga dan biaya yang mahal.

Nah, itulah empat poin mengenai alasan kenapa harus membuat website untuk bisnis online yang sedang Anda jalankan.

Jangan lupa untuk selalu memperbarui informasi dan pengetahuan Anda mengenai pelanggan dan pasar.

Sebab di dunia bisnis saat ini semuanya berubah dengan cepat dan begitu dinamis. Dan website merupakan salah satu cara agar Anda bisa melakukan monitoring terhadap kondisi perusahaan Anda, sekaligus melihat kualitas penjualan.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa mengetahui kondisi pelanggan dan bagaimana tingkat kepuasan mereka mengenai bisnis dan pelayanan yang Anda berikan.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Apakah artikel ini bermanfaat?

Mohon sampaikan pendapat anda dengan klik bintang di bawah ini!

Average rating 4.4 / 5. Vote count: 7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here