Sejarah Perkembangan Konstitusi

Sejarah Perkembangan Konstitusi
Ilustrasi
4.3
(12)

Sejarah Perkembangan Konstitusi

Zaman Yunani Kuno

Konstitusi sebagai suatu kerangka kehidupan politik telah lama dikenal yaitu sejak bangsa Yunani Kuno yang memiliki beberapa kumpulan hukum pada tahun 624-404 SM.

Athena pernah memiliki tidak kurang dari 11 konstitusi. Sedangkan Aristoteles sendiri berhasil mengoleksi sebanyak 158 buah konstitusi dari beberapa negara. Pada waktu itu konstitusi hanyalah kumpulan dari peraturan-peraturan serta adat kebiasaan semata-mata.

Zaman Romawi Kuno

Advertisement

Pada saat kekaisaran Roma pengertian konstitusi mengalami perubahan makna, yakni merupakan suatu kumpulan ketentuan serta peraturan yang dibuat oleh para Kaisar, pernyataan dan pendapat ahli hukum, negarawan, serta adat kebiasaan setempat selain undang-undang.

Konstitusi Roma memiliki pengaruh cukup besar sampai abad pertengahan yang memberikan inspirasi bagi tumbuhnya demokrasi perwakilan dan negara nasional.

Kedua paham ini yang menimbulkan adanya konstitusionalisme yang kemudian muncullah konstitusi modern.

Zaman Rasulullah SAW

Pada abad ke VII Nabi Muhammad yang telah membentuk sistem politik yang sesuai dengan visi agamanya dengan mendirikan negara Madinah, sistem kekuasaan dan ketentuan yang mengatur keberadaan rakyat Madinah dituangkan dalam Dokumen Piagam Madinah atau konstitusi Madinah yang dibentuk pada tahun 622 M.

Konstitusi Madinah dikategorikan sebagai undang-undang dasar yang tertulis yang pertama yang di dalamnya mengatur kekuasaan politik, hak-hak asasi manusia, pengelolaan urusan masyarakat, konstitusi madinah merupakan dokumen yang mendasari terbentuknya sebuah negara,

Menurut Munawir Sadzali, batu-batu dasar yang telah diletakkan oleh Konstitusi Madinah sebagai landasan untuk mengatur masyarakat madinah yang majemuk adalah:

Advertisement
  1. Semua penduduk Islam meskipun berasal dari banyak suku tetapi merupakan satu komunitas,
  2. Hubungan antara sesama anggota komunitas Islam dan antara komunitas Islam dengan komunitas-komunitas lain didasarkan pada prinsip-prinsip:
  • Bertetangga baik,
  • Saling membantu dalam menghadapi musuh bersama,
  • Membela mereka yang teraniaya,
  • Saling menasihati,
  • Menghormati kebebasan agama.

Zaman Eropa modern

Pada abad XVII kaum bangsawan Inggris yang menang dalam revolusi istana, telah mengakhiri kekuasaan raja yang absolut dan menggantikannya dengan sistem parlementer dan terjadinya ketegangan dalam masyarakat yang memunculkan adanya konstitusi untuk mengatur kehidupan negara.

Maka pada tanggal 14 September 19791 tercatat sebagai diterimanya konstitusi di Eropa yang pertama oleh Raja Louis ke XVI, dan sejak saat itu negara-negara di dunia dalam pengaturan kehidupan kenegaraannya mendasarkan pada konstitusi.

Advertisement

Teori Du contract social dari JJ Reuseau yang menerangkan bahwa manusia terlahir dalam keadaan bebas dan sederajat dalam hak-haknya, sedang hukum merupakan ekspresi kehendak umum (rakyat).

Pandangan Reusseau sangat memengaruhi timbulnya hak-hak dan kemerdekaan rakyat yang terkenal dengan deklarasi hak-hak rakyat Perancis De Declaration des Droit d l’home et du citoyen, dimulai dari deklarasi ini yang mengilhami Konstitusi Perancis tahun 1791, khususnya yang menyangkut hak asasi.

Setelah peristiwa ini maka muncul konstitusi dalam bentuk yang tertulis yang dipelopori oleh Amerika.

Demikian pembahasan Sejarah Perkembangan Konstitusi. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Apakah artikel ini bermanfaat?

Mohon sampaikan pendapat anda dengan klik bintang di bawah ini!

Average rating 4.3 / 5. Vote count: 12

No votes so far! Be the first to rate this post.