Cara Efektif Mempromosikan Produk di Instagram

Cara Efektif Mempromosikan Produk di Instagram
5
(4)

Cara Efektif Mempromosikan Produk di Instagram – Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling populer saat ini. Tak heran banyak orang yang kemudian memanfaatkan Instagram sebagai media promosi bisnis.

Buat Anda yang ingin mempromosikan produk di Instagram, berikut kami bagikan caranya.

Menjadi Pengguna Aktif Instagram

Advertisement

Jika Anda ingin mempromosikan produk secara efektif di Instagram tentu saja Anda harus menjadi pengguna aktif Instagram tersebut. Buat akun Instagram toko atau nama produk Anda, lalu ikuti semua influencer yang memiliki banyak follower di Instagram.

Jangan lupa juga untuk aktif berkomentar di postingan postingan influencer tersebut. Agar akun toko Anda lebih dikenal oleh banyak orang. Selain itu Anda juga perlu mengikuti orang-orang yang kira-kira tertarik dengan produk yang Anda jual.

Semakin banyak orang yang Anda follow, maka nama toko atau produk yang Anda jual nantinya semakin dikenal banyak orang.

Anda juga perlu rajin membuat postingan di akun tersebut. Baik tentang produk yang Anda jual, atau juga hal hal menarik lainnya. Usahakan setiap postingan dibuat semenarik mungkin dan selalu jaga komunikasi yang baik dengan setiap orang.

Fokus dengan Satu Brand Saja

Salah satu hal yang paling penting Anda perhatikan saat hendak mempromosikan produk jualan Anda di Instagram adalah sebisa mungkin fokuskan promosi pada satu brand saja.

Jika misalnya Anda hendak jualan baju, maka buat brand yang mudah diingat tentang toko Anda. Kemudian fokuskan promosi pada brand toko tersebut. Jangan pernah mempromosikan hal hal yang tidak berkaitan dengan tujuan utama Anda.

Agar para pelanggan nantinya lebih mudah mengingat brand yang Anda promosikan, dan mereka juga lebih mudah menemukannya.

Tujuan promosi adalah agar brand Anda melekat di benak banyak orang, sehingga dengan demikian kemungkinan usaha yang kamu geluti berkembang lebih cepat. Persaingan bisnis di Instagram sangat ketat. Jika brand yang Anda usang sudah dikenal banyak orang, hal ini tentu menjadi suatu keuntungan tersendiri.

Selalu Gunakan Hashtag yang Populer

Penggunaan hashtag juga sangat penting dalam sebuah promosi, karena hashtag tersebut memungkinkan postingan Anda dilihat banyak orang. Sebisa mungkin gunakan hashtag yang sedang trend, tetapi harus berhubungan dengan produk yang Anda jual.

Walaupun tingkat persaingan pada penggunaan hashtag cukup ketat, asalkan Anda mampu membuat postingan menarik, hal ini tidak menjadi masalah. Salah satu hal yang perlu diingat adalah, jangan gunakan terlalu banyak hashtag, karena nanti dianggap sebagai spamming.

Gunakan hashtag secukupnya saja, yang berkaitan dengan isi postingan kamu. Anda juga bisa membuat hashtag sendiri, lalu mengajak seluruh followers untuk membuat hal yang sama. Dengan demikian popularitas toko Anda akan semakin meningkat.

Buat Video Menarik tentang Produk

Agar postingan yang kamu buat dilihat oleh banyak orang, foto menarik memang penting, tapi foto tidak mampu mendeskripsikan seluruh isi dan kualitas dari produk Anda.

Oleh karena itu kamu perlu juga membuat video semenarik mungkin tentang produk produk yang Anda jual. Video lebih mampu mendeskripsikan suatu produk secara jelas dan gamblang. Selain itu video juga lebih memikat daripada foto.

Dari pada Anda hanya mengandalkan foto serta deskripsi panjang lebar di bawahnya, lebih baik buat postingan berupa video yang singkat dan padat, namun mampu membuat para pelanggan terpikat dengan produk yang Anda jual.

Orang orang lebih suka melihat video gambar daripada membaca deskripsi. Oleh karena itu lebih baik menggunakan banyak video dari pada memposting banyak foto.

Adakan Challenge atau Kontes Berhadiah

Cara lain yang juga tak kalah efektif untuk melakukan promosi di Instagram adalah dengan mengadakan challenge berhadiah. Kebanyakan orang, sangat menyukai sesuatu yang gratis atau berhadiah.

Anda bisa memanfaatkan ini sebagai media promosi. Misalnya Anda membuat kontes kepada para followers untuk memposting foto mereka semenarik mungkin saat mengenakan produk yang Anda jual. Jangan lupa juga buat hastag tentang kontes tersebut.

Semakin besar hadiah yang kamu sediakan, kemungkinan besar orang orang akan semakin antusias mengikutinya. Cara ini umumnya sangat efektif untuk promosi. Apalagi jika hashtag tentang lomba tersebut bisa menjadi trending, hal ini pasti sangat menguntungkan.

Posting Kata-kata Inspiratif atau Kata-kata Menarik Lainnya

Pada umumnya orang orang bermain Instagram untuk mencari hiburan atau mencari inspirasi. Hal hal yang berbau motivasi, kata kata inspiratif, dan kata kata menarik lainnya, umumnya sangat digemari banyak orang. Postingan seperti ini biasanya sering dikutip dan juga dishare banyak orang.

Tidak ada salahnya menggunakan kata kata inspiratif di setiap postingan yang Anda buat. Jika Anda bisa memanfaatkannya sebagai media promosi hal ini tentu sangat menguntungkan.

Kolaborasikan kata-kata inspiratif dengan produk yang Anda jual, sehingga orang orang akan melihat postingan yang Anda buat. Atau Anda juga bisa sesekali memposting kata kata inspiratif saja, tujuannya agar akun Anda difollow banyak orang dan dikenali banyak orang. Membuat postingan di Instagram harus dilakukan sekreatif mungkin.

Buat Postingan Berkala dan Konsisten

Melakukan promosi di Instagram sangat penting memperhatikan waktu dan kekonsistenan. Anda perlu menganalisis jam berapa kira kira orang paling banyak mengakses medsos. Oleh karena itu penting membuat postingan secara berkala.

Misalnya membuat postingan jam 6 pagi, jam 8 pagi, jam 12 siang, jam 3 sore, jam 6 sore, jam 8 malam, dan waktu waktu lainnya. Jika Anda melihat suatu postingan paling banyak ditanggapi pada salah satu jam tertentu, maka Anda perlu membuat postingan semenarik mungkin pada jam tersebut.

Selain itu sangat penting juga untuk konsisten membuat postingan pada jam yang sama. Terlalu banyak membuat postingan memang tidak baik. Terlalu sedikit juga demikian. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan konsistensi Anda dalam memposting produk.

Gunakan Iklan Berbayar di Instagram

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda adalah dengan memanfaatkan iklan berbayar di Instagram. Instagram sendiri menyediakan tempat bagi para pemilik bisnis untuk mempromosikan produk mereka.

Untuk menggunakannya memang Anda harus mengeluarkan sedikit uang. Tetapi hal tersebut nantinya sebanding dengan hasil yang Anda peroleh.

Untuk memanfaatkan layanan yang satu ini Anda harus mempertimbangkan banyak hal secara matang, seperti siapa target audiens, gambar apa yang hendak diposting, kapan waktu postingan, berapa lama iklan ditayangkan dan hal lainnya, serta berapa budget yang Anda keluarkan untuk iklan tersebut.

Walaupun cara ini cukup ribet dan membutuhkan biaya, namun promosinya nanti jadi lebih efektif. Setiap promosi pasti membutuhkan usaha dan modal. Jika Anda rela mengeluarkan modal untuk promosi yang lebih menjanjikan, hal ini tentu bukan menjadi masalah besar.

Demikian penjelasan singkat tentang cara efektif mempromosikan produk di Instagram, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Apakah artikel ini bermanfaat?

Mohon sampaikan pendapat anda dengan klik bintang di bawah ini!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4

No votes so far! Be the first to rate this post.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here