Inilah Daftar Aplikasi Terbaik untuk Perkuliahan Online

Daftar Aplikasi Terbaik untuk Perkuliahan Online
Ilustrasi. Gambar oleh Muhamed_Hassan (Pixabay)
5
(5)

Daftar Aplikasi Terbaik untuk Perkuliahan Online – Sebagian besar kampus di Indonesia saat ini tengah menerapkan kelas jarak jauh menyusul kebijakan pemerintah tentang social distancing.

Hingga akhir semester genap ini, semua kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring (dalam jaringan), atau lebih populer dengan istilah perkuliahan online.

Meski demikian, saat ini belum semua kampus memiliki sistem e-learning sebagai sarana perkuliahan. Lantas apa solusinya? Solusinya adalah dosen dapat memanfaatkan aplikasi perkuliahan online yang banyak tersedia di internet.

Daftar Aplikasi Terbaik untuk Perkuliahan Online

Advertisement

Beberapa aplikasi memiliki fitur yang cukup memadai sebagai sarana perkuliahan online. Tidak hanya pemberian materi, namun terdapat juga fitur diskusi, absensi mahasiswa, hingga penilaian.

Berikut daftar aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan sebagai media perkuliahan online:

1. Google Classroom

Google Classroom

Google Classroom memiliki fitur yang lengkap untuk melakukan perkuliahan online. Dengan aplikasi ini, seorang dosen dapat dengan mudah membuat kelas, melihat absensi, mendistribusikan tugas-tugas, serta memberi nilai kepada mahasiswa.

Fitur komentar juga tersedia sebagai sarana berdiskusi di dalam kelas yang sudah dibuat.

Google Classroom dapat diakses melalui komputer atau smartphone dengan terlebih dahulu menginstal aplikasinya di Playstore.

Advertisement

2. Edmodo

Edmodo

Edmodo adalah aplikasi perkuliahan online yang tidak hanya menghubungkan mahasiswa dan dosen saja, tetapi juga orang tua siswa. Dosen dan mahasiswa bisa saling berbagi catatan, dokumen dan tautan. Dosen juga dapat dengan mudah mengirimkan tugas-tugas, acara dan peringatan.

Tidak hanya itu, dengan Edmodo, para dosen dapat memeriksa tingkat pemahaman mahasiswa, serta memberikan penghargaan atas prestasi atau kegiatan mereka. Para orang tua juga bisa memantau kegiatan perkuliahaan anaknya melalui aplikasi ini.

Advertisement

3. Moodle

Moodle

Dengan Moodle, memungkinkan para mahasiswa untuk masuk ke dalam ruang kelas digital serta mengakses semua materi perkuliahan yang diberikan oleh dosen.

Aplikasi yang satu ini, juga memberikan kemudahan bagi dosen untuk membuat tugas, distribusi materi, dan lainnya.

Itulah daftar aplikasi terbaik untuk perkuliahan online yang bisa Anda coba.

Baca juga:

Apakah artikel ini bermanfaat?

Mohon sampaikan pendapat anda dengan klik bintang di bawah ini!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5

No votes so far! Be the first to rate this post.