Memilih Nama Domain Website yang Tepat untuk Bisnis Online

Memilih Nama Domain Website yang Tepat untuk bisnis Online
Ilustrasi. Gambar oleh Muhamed_hassan (Pixabay)
5
(12)

Memilih Nama Domain Website yang Tepat untuk Bisnis Online – Memilih nama domain website yang tepat adalah langkah awal yang wajib dipertimbangkan saat Anda akan memulai bisnis secara online.

Para ahli SEO (search engine optimization) mengatakan bahwa nama domain yang tepat berpengaruh positif dalam memenangkan persaingan di mesin pencari.

Lantas, bagaimana cara memilih nama domain website yang tepat? Berikut tipsnya:

1. Keyword dalam domain

Advertisement

Keyword atau kata kunci yang ada dalam domain, akan membantu website lebih mudah bersaing dalam pencarian di search engine. Misalnya, Anda memiliki usaha jualan souvenir, maka pilihlah domain menggunakan kata souvenir tersebut, contoh souvenircantik.com, atau lainnya.

2. Gunakan ekstensi domain yang tepat

Saat ini, ada ratusan ekstensi domain baru yang ditawarkan penyedia domain, contohnya .site, .online, dan lainnya.

Setiap ekstensi domain memiliki tujuan yang berbeda-beda. Beberapa ekstensi domain baru memang kelihatan menarik, tetapi belum tentu tepat digunakan untuk website Anda.

Untuk website bisnis atau jualan online, Anda bisa menggunakan .com, .site, .biz, .store, dan lainnya. Jangan gunakan ekstensi yang tidak tepat untuk bisnis, misalnya .edu, .org, .news, atau lainnya.

Sebagai gambaran, berikut beberapa ekstensi domain serta tujuan penggunaannya:

  • .com: dipakai untuk tujuan komersial
  • .org: dipakai untuk website organisasi
  • .edu: dipakai untuk lembaga pendidikan
  • .info: dipakai untuk tujuan informasi
  • .name: dipakai untuk tujuan web pribadi
  • .pro: dipakai untuk web profesional
  • .aero: dipakai untuk perusahaan penerbangan
  • .jobs: dipakai untuk website lowongan pekerjaan
  • .museum: dipakai untuk website museum
  • .travel: dipakai untuk website atau blog perjalanan/wisata
  • .club: dipakai untuk web komunitas
  • .news: dipakai untuk website berita
  • .design: dipakai untuk website desain

Di atas baru sebagian kecil ekstensi domain yang ada. Saran saja, jika target bisnis Anda adalah pasar internasional, pakailah ekstensi .com. Tetapi jika target pasarnya adalah Indonesia, ada baiknya untuk menggunakan ekstensi .id.

Advertisement

3. Mudah diingat

Gunakan nama domain yang mudah diingat. Cobalah menggunakan kata yang sudah familiar di masyarakat. jika hal ini tidak memungkinkan karena nama tersebut sudah dipakai orang lain, maka Anda bisa gunakan nama perusahaan. Kata yang pendek, juga membuat orang mudah untuk mengingatnya. Usahakan nama domain tidak lebih dari 16 karakter.

3. Hindari domain merek dagang

Hindari menggunakan domain yang sudah menjadi merek dagang pihak lain, misalnya tokopedia, blibli, atau lainnya. Meskipun domain-domain tersebut belum menggunakan ekstensi yang Anda incar, sebaiknya hindari saja karena hal tersebut akan mendatangkan konsekuensi hukum di kemudian hari.

Contohnya begini, Anda tertarik menggunakan nama domain tokopedia.xyz, padahal kita tahu bahwa nama itu adalah milik perusahaan tokopedia yang menggunakan alamat domain .com, maka sebaiknya urungkan niat Anda untuk menggunakan nama itu sebagai domain.

Advertisement

Tips aman, carilah dulu di mesin pencari nama domain yang Anda inginkan, apakah sudah dipakai pihak lain dengan ekstensi yang berbeda atau belum. Jika ternyata belum ada yang memakainya, maka silahkan gunakan nama tersebut.

Itu sedikit penjelasan tentang memilih nama domain website yang tepat untuk bisnis online. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Apakah artikel ini bermanfaat?

Mohon sampaikan pendapat anda dengan klik bintang di bawah ini!

Average rating 5 / 5. Vote count: 12

No votes so far! Be the first to rate this post.