Plugin yang Wajib Dipasang di Blog Berbasis WordPress

Plugin yang Wajib Dipasang di Blog Berbasis Wordpress
Ilustrasi
5
(4)

Plugin yang Wajib Dipasang di Blog Berbasis WordPress – Tidak dipungkiri, WordPress saat ini menjadi CMS (content management system) yang paling banyak digunakan untuk membangun blog atau website.

Keleluasaan dalam konfigurasi menjadi salah satu alasan CMS WordPress diminati banyak orang, termasuk saya.

Advertisement

Dalam membangun blog atau website berbasis WordPress, tentu kita membutuhkan sebuah plugin. Dengan plugin ini, kita dapat menambahkan fitur-fitur tertentu tanpa harus menguasai ilmu coding.

Penggunaan plugin WordPress dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan sampai kita menginstal plugin lebih dari satu, padahal plugin tersebut memiliki fungsi yang sama.

Nah, berikut ini saya sampaikan plugin apa saja yang wajib dipasang di blog atau website berbasis WordPress.

Plugin Cache

WP Fastest Cache

Plugin ini berfungsi untuk mempercepat proses loading pada sebuah blog. Dengan memasang atau menginstal plugin ini, blog atau website Anda akan lebih cepat saat diakses.

Ada banyak plugin cache yang ditawarkan oleh para pengembang, baik yang gratis paupun berbayar. Dari sekian banyak plugin cache yang ada, saya lebih merekomendasikan WP Fastest Cache.

Plugin WP Fastest Cache cukup populer. Selain konfigurasi yang sederhana, plugin ini juga terbukti efektif membuat loading blog menjadi cepat. Untuk memasangnya, Anda bisa mengunduhnya secara gratis melalui dashboard blog WordPress Anda, atau mengunduh secara manual di wordpress.org.

Beberapa blog yang saya miliki, juga menggunakan plugin ini.

Plugin SEO

Yoast SEO

Bicara tentang plugin SEO (search engine optimization) atau optimisasi mesin pencari, khusus yang versi gratis, rasanya belum ada yang lebih baik selain Yoast SEO. Plugin ini memiliki fitur yang lengkap sebagai alat agar konten blog Anda dapat mudah bersaing di mesin pencari seperti Google, Bing, dan lainnya.

Konfigurasi plugin ini cukup sulit terutama untuk pemula. tetapi jangan khawatir, banyak blogger yang telah menjelaskan secara detil bagaimana cara konfigurasi plugin Yoast SEO agar kinerjanya lebih optimal.

Selain versi gratis, untuk Anda yang menginginkan fitur lebih dapat menggunakan versi premium.

Plugin Optimasi Gambar Blog

TinyPNG

Mayoritas blogger menggunakan gambar untuk melengkapi artikel dalam blognya. Sebuah artikel di blog akan terlihat lebih indah dipandang jika disisipi dengan gambar.

Banyaknya gambar yang Anda unggah, tentu akan memberatkan kinerja blog. Untuk mengantisipasi hal tersebut, dibutuhkan plugin yang dapat mengoptimasi gambar.

Ada banyak plugin untuk optimasi gambar, namun di sini saya merekomendasikan plugin TinyPNG.

Plugin gratis ini sepenuhnya bekerja secara otomatis, dalam hal memindai dan mengoptimalkan gambar PNG dan JPG yang ada di blog Anda. Jika dibandingkan dengan plugin lain, TinyPNG menyediakan kapasitas optimasi gambar yang lebih banyak.

Itulah, plugin yang wajib dipasang di blog berbasis WordPress. Kenapa hanya sedikit? Untuk tahap awal membangun blog sederhana, plugin-plugin di atas rasanya sudah cukup, karena prinsipnya adalah semakin banyak plugin, maka semakin berat kinerja blog.

Baca juga:

Apakah artikel ini bermanfaat?

Mohon sampaikan pendapat anda dengan klik bintang di bawah ini!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4

No votes so far! Be the first to rate this post.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here