Neve, Skor 100 di Google PageSpeed Insights

Neve, Skor 100 di Google Pagespeed Insights
5
(7)

Neve, Skor 100 di Google PageSpeed Insights – Neve adalah sebuah template atau tema WordPress besutan Themeisle yang diklaim memiliki kecepatan loading yang sempurna.

Berangkat dari rasa penasaran atas klaim dari pengembang, maupun beberapa review dari blogger baik dalam negeri maupun luar negeri, saya pun tertarik untuk mencoba sendiri seberapa cepat tema ini saat dibuka.

Sebelum saya sampaikan hasil pengujian, perlu diketahui bahwa Neve adalah template WordPress yang cocok digunakan untuk membangun blog, situs bisnis, start up, website portofolio, dan toko online.

Advertisement

Neve adalah template yang responsif, ringan dan mudah dikustomisasi. Anda bisa membangun website dengan mudah menggunakan beberapa page builders populer, seperti Elementor, Brizy, Beaver Builder, Visual Composer, SiteOrigin, dan Divi.

Untuk Anda yang ingin membuat website toko online, template ini juga dapat terintegrasi dengan plugin WooCommerce. Karena kecepatan loading inilah, pihak pengembang juga mengklaim bahwa Neve adalah template yang SEO friendly.

Nah, kembali ke kecepatan loading, untuk menguji template ini, saya masih menggunakan blog baru yang sengaja dibuat untuk menguji tema-tema sebelumnya. Saya pun menghapus template lama dan menganti template blog tersebut dengan Neve.

Pengujian di Google PageSpeed Insights

Pengujuan pertama saya lakukan di Google PageSpeed Insights. Berikut hasilnya saya tampilkan pada gambar di bawah ini:

Pengujuan dengan PageSpeed Insights

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa kecepatan blog menggunakan template Neve, memperoleh skor 100 di Google PageSpeed Insights, baik dalam versi mobile maupun versi desktop. Skor ini belum pernah saya temukan pada template-template sebelumnya yang pernah saya uji.

Advertisement

Adapun hasil rinci pengujuan di PageSpeed Insights, dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Hasil rinci pengujian di PageSpeed Insights

Pengujian di GTmetrix

Pengujuan kedua saya lakukan melalui situs GTmetrix. Situs ini banyak menjadi rujukan webmaster dalam menguji kecepatan loading sebuah website atau blog. Berikut hasilnya:

Pengujuan dengan GTmetrix

Dari gambar di atas, dapat dilihat bahwa skor pengujian di GT Metrix adalah 99 % untuk PageSpeed dan 96 % untuk YSlow.

Kesimpulan

Kecepatan loading wesbite atau blog memang tidak semata-mata karena penggunaan template. Masih ada faktor-faktor lain yang memengaruhinya, seperti hosting, penggunaan plugin serta konten yang ada di dalamnya. Namun, dengan template yang ringan, tentu akan berpengaruh signifikan terhadap kecepatan loading blog atau website.

Advertisement

Dari hasil di atas, dapat saya katakan bahwa template Neve, memiliki kecepatan loading yang sangat baik. Anda dapat memperoleh template ini secara gratis melalui tautan berikut VERSI GRATIS. Jika Anda memerlukan fitur lebih, Anda bisa menggunakan versi premium.

Baca juga:

Apakah artikel ini bermanfaat?

Mohon sampaikan pendapat anda dengan klik bintang di bawah ini!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7

No votes so far! Be the first to rate this post.