Cara Mengarahkan Subdomain pada Hosting Lain

Cara Mengarahkan Subdomain pada Hosting Lain
Ilustrasi. Image by Kreatikar from Pixabay.
5
(4)

Cara Mengarahkan Subdomain pada Hosting Lain – Ada banyak alasan ketika pemilik website atau blog ingin menempatkan subdomain pada hosting lain atau hosting yang berbeda. Salah satu alasannya adalah karena tidak ingin menambah kapasitas penyimpanan di hosting lama.

Atau alasan lainnya karena memang sengaja ingin mencoba hosting yang berbeda dari layanan hosting yang disewa saat ini. Nah, jika saat ini Anda belum tahu caranya mengarahkan subdomain pada hosting yang berbeda, silakan baca terus tutorial singkat ini.

Menyiapkan Hosting Baru

Pastikan Anda sudah memiliki hosting baru untuk menempatkan website atau blog dengan alamat subdomain yang akan Anda buat. Jika belum pilihlah paket hosting terbaik menurut Anda, yang disediakan oleh banyak perusahaan jasa hosting di Indonesia. Setelah memiliki hosting baru, maka Anda siap menempatkan website atau blog dengan alamat subdomain.

Berikut Cara Mengarahkan Subdomain pada Hosting Lain atau Hosting yang Berbeda

  1. Langkah pertama yang Anda lakukan adalah membuat subdomain pada hosting lama, contoh sub.namadomain.com.
  2. Setelah berhasil dibuat, masuklah ke cpanel hosting baru. Klik addon domain dengan nama sub.namadomain.com yang sudah Anda buat sebelumnya di hosting lama.
  3. Kembali ke hosting lama, klik Simple DNS Zone Editor
    Advertisement
    , kemudian tambahkan A record dengan nama sub.namadomain.com dan isikan IP address hosting baru Anda. Setelah itu tambahkan juga A record dengan nama www.sub.namadomain.com dan isikan IP address hosting baru Anda.

Selanjutnya, tunggu hingga proses update DNS ini selesai. Jika sub domain tersebut sudah bisa diakses, berarti setting yang Anda lakukan sudah berhasil.

Selain menggunakan A record, ada opsi lain untuk mengarahkan subdomain ke hosting berbeda yakni menggunakan CNAME Record. Cara ini lebih baik karena ketika terjadi perubahan IP Address pada hosting baru Anda, maka Anda tidak perlu melakukan setting ulang DNS.

Lantas, bagaimana mengetahui CNAME Record? Jika di hosting baru Anda juga menghosting domain lain, misalnya domainlain.com, maka CNAMEnya bisa menggunakan domainlain.com tersebut.

Itulah cara mengarahkan subdomain pada hosting lain atau hosting yang berbeda, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Apakah artikel ini bermanfaat?

Mohon sampaikan pendapat anda dengan klik bintang di bawah ini!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4

No votes so far! Be the first to rate this post.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here