Belum Punya Akun Google Scholar? Ini Cara Membuatnya

Belum Punya Akun Google Scholar Ini Cara Membuatnya
5
(1)

Belum Punya Akun Google Scholar? Ini Cara Membuatnya – Google Scholar atau Google Cendekia telah diluncurkan sejak tahun 2004 yang lalu. Google Scholar adalah sebuah tools pengindek hasil karya ilmiah yang dipublikasikan oleh para peneliti. Selain dapat digunakan sebagai sitasi atau sumber rujukan dalam penulisan artikel ilmiah, Google Scholar juga dapat dijadikan sebagai tolok ukur prestasi para peneliti dan dosen dalam menghasilkan karya ilmiahnya.

Saat ini, indeksasi di Portal SINTA (alat pengindek karya ilmiah milik Menristekdikti) selain mempertimbangkan Scopus, juga mempertimbangkan H-index Google Scholar. Jika peneliti atau dosen ingin meningkatkan H-index Sinta maka dapat memasukkan semua artikel ilmiah yang sudah publish di Google Scholar.

Advertisement

SINTA (Science and Technology Index) adalah alat pengindeks artikel ilmiah yang dikeluarkan oleh Menristekdikti pada awal tahun 2017. SINTA dijadikan sebagai alat pengukur kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) di Indonesia, yang meliputi kinerja penelitian dalam bentuk jurnal ilmiah yang dipublikasikan, serta buku dan artikel yang diseminarkan.

Untuk Anda yang saat ini belum memiliki akun Google Scholar, berikut ini cara untuk membuat akun tersebut.

Tahap Persiapan

Sebelum Anda membuat akun Google Scholar, terlebih dahulu siapkan alamat email dengan ekstensi ac.id, or.id atau org. Email dengan ekstensi tersebut merupakan syarat utama. Anda bisa meminta pihak kampus atau instansi tempat Anda bekerja untuk membuatkan email tersebut.

Advertisement

Pendaftaran Akun Google Scholar

Setelah Anda memiliki email dengan ekstensi yang telah disebutkan di atas, selanjutnya ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka laman Google Scholar dengan url https://scholar.google.co.id/

Pada laman ini, silakan Anda klik menu “masuk” atau “login” yang ada di posisi kanan atas layar komputer Anda, mengunakan email Gmail Anda. Jika Anda telah memiliki akun, Anda tinggal memasukkannya di kotak yang disediakan. Namun jika Anda belum membuatnya, silakan klik ‘Create an Account’ untuk melakukan pendaftaran.

  1. Mengisi Profil

Menu profil ada di atas sebelah kiri. Formulir “profil” ini terdiri dari nama lengkap, nama instansi, alamat email (menggunakan ekstensi ac.id, edu, atau org. Kemudian bidang keilmuan, dan alamat website (jika Anda memiliki).

  1. Menambahkan Artikel

Untuk menambahkan artikel di Google Scholar ada dua cara, yaitu ‘Manual’ dan ‘Otomatis’. Untuk cara manual, Anda bisa mengklik satu persatu artikel yang sudah publish di internet. Cara yang kedua adalah otomatis, dengan satu kali klik. Tetapi kelemahan dari cara otomatis ini, artikel yang bukan milik Anda bisa saja masuk di akun yang Anda buat.

  1. Klik ‘Make Public‘

Setelah formulir diisi lengkap, langkah selanjutnya adalah klik ‘Make Public’. Pada tahap ini, Anda sudah berhasil membuat akun Google Scholar. Setelah itu, profil Google scholar Anda sudah dapat dilihat oleh orang lain.

Baca juga:

Apakah artikel ini bermanfaat?

Mohon sampaikan pendapat anda dengan klik bintang di bawah ini!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here