Home » Info » Konversi dan Kompres File PDF dengan Mudah, Ini Caranya!

Konversi dan Kompres File PDF dengan Mudah, Ini Caranya!

Cara Konversi dan Kompres File PDF dengan Mudah
5
(4)

Konversi dan Kompres File PDF dengan Mudah – Saat diluncurkan pada tahun 1993, penggunaan PDF (portable document format) masih relatif rendah. Pada waktu itu, perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dokumen PDF adalah Adobe Acrobat, sedangkan perangkat lunak untuk membacanya adalah Acrobat Reader (sekarang Adobe Reader). Kedua perangkat lunak tersebut tidak didistribusikan secara gratis, namun tersedia secara komersial.

Pada awal dirilis, PDF juga belum mendukung fasilitas pranala luar, sehingga belum terintegrasi dengan World Wide Web. Selain itu, penambahan besar ukuran berkas PDF pada paket data yang dikirimkan membuatnya lambat untuk diunduh (download) dengan tingkat kecepatan modem yang ada pada masa itu (sumber: Wikipedia).

Pada perkembangannya, dokumen berformat PDF semakin banyak digunakan orang. Peningkatan penggunaan PDF secara pesat terjadi semenjak Adobe mulai meluncurkan perangkat lunak Acrobat Reader secara gratis. Selain itu, siapapun juga dibebaskan untuk memproduksi aplikasi pembuat maupun pembaca dokumen PDF tanpa perlu membayar royalti kepada Adobe System selaku pemegang hak paten PDF.

Keunggulan PDF

Tekonologi apapun selalu memiliki keunggulan sekaligus kekurangan, begitu juga dengan PDF. Berikut keunggulan PDF dibandingkan dengan format dokumen lainnya.

Fitur Keamanan

Adobe System telah mengembangkan fitur kunci atau lock pada PDF. Dengan fitur tersebut, maka pengguna dapat merahasiakan dokumen sehingga tidak bisa dibuka oleh orang lain. Untuk mengaktifkan fitur ini pengguna cukup mengaktifkannya dengan memberikan kata kunci pada fitur lock di dokumen PDF.

Fleksibilitas

PDF bisa dikatakan sebagai produk digital yang fleksibel. Format dokumen tersebut bisa dibuka pada perangkat apapun seperti komputer maupun pada smartphone. Berbeda dengan format doc dan format lainnya yang hanya bisa dibuka pada komputer yang sudah terinstall software Microsoft Office. Format PDF kompatibel dengan beragam sistem operasi komputer seperti Windows, Linux, Mac-OS atau lainnya.

Walaupun format ini bisa dibuka pada perangkat dengan versi yang berbeda, namun tidak akan mengubah isi dari file. Isi dari file berformat PDF bersifat tetap dan tidak bisa berubah tanpa adanya bantuan aplikasi lain untuk mengubah isi teks di dalamnya.

Inilah yang menjadi kelebihan PDF dibanding format lain misalnya Microsoft Word, yang cenderung akan mengalami perubahan susunan isi jika dibuka pada versi Microsoft yang berbeda.

Dapat Menyimpan Gambar

Tidak melulu berupa teks saja, di format PDF Anda juga bisa menyimpan data berupa gambar, foto maupun grafik. Tidak hanya itu, dengan mengkonversi file ke format PDF dapat mengurangi ukuran atau size dari file tersebut.

Kekurangan PDF

Jika diatas sudah dibahas tentang keunggulan PDF, maka sekarang kita bahas kekurangannya.

PDF Sulit Diedit

Jika Anda dapat dengan mudah melakukan copy-paste saat mengedit teks di Microsoft Word misalnya, ini tidak akan terjadi pada PDF. Sebenarnya banyak aplikasi atau software pengolah file PDF yang memungkinkan penggunanya melakukan editing pada file PDF, namun ini akan terasa sulit jika belum terbiasa menggunakannya.

Ukuran File Besar

PDF biasanya memiliki ukuran file yang relatif besar. Pada perangkat keras yang memiliki spesifikasi rendah, tentu akan menjadi beban tersendiri, misalnya akan cepat mengurangi kapasitas penyimpanan.

Itulah keunggulan dan kekurangan file PDF. Seperti yang saya sebutkan di atas, bahwa setiap teknologi akan memiliki keunggulan dan kekurangan.

Konversi dan Kompres File PDF

Meski PDF sudah banyak digunakan orang, namun tidak sedikit juga yang sampai saat ini masih kesulitan untuk membuat dokumen berformat PDF. Pada saat tertentu, mungkin ada juga yang ingin merubah format dokumen lama menjadi PDF. Solusi yang cepat untuk hal ini adalah menggunakan layanan konverter online.

Di internet ada banyak layanan konverter online, namun kali ini saya merekomendasikan layanan konverter file online menggunakan Duplichecker. Layanan ini memungkinkan Anda mengonversi berbagai format file menjadi file PDF, atau sebaliknya.

Selain itu, Duplichecker juga memberikan layanan kompres PDF, yakni mengubah ukuran file PDF yang besar menjadi kecil tanpa mengurangi kualitas isinya. Compress PDF dengan Duplichecker memberikan jaminan hasil kompresi sama persis dengan file sebelumnya. Selamat mencoba..

Baca juga:

Apakah artikel ini bermanfaat?

Mohon sampaikan pendapat anda dengan klik bintang di bawah ini!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *