Home » Info » 6 Peluang Agribisnis Ini Layak Anda Coba

6 Peluang Agribisnis Ini Layak Anda Coba

Peluang Agribisnis Ini Layak Anda Coba

6 Peluang Agribisnis Ini Layak Anda Coba – Banyak orang yang masih memandang sebelah mata kesempatan agribisnis. Padahal jika ditekuni secara serius, agribisnis bisa memberikan keuntungan yang tidak sedikit. Karena persaingannya yang masih minim serta kesempatan pasarnya yang luas, maka Anda dapat memulai bisnis ini segera.

Untuk dapat menjalankan agribisnis tidak harus memiliki modal yang besar. Anda dapat mengeluarkan modal yang sesuai dengan keterampilan terlebih dahulu. Yang utama, Anda harus tekun dan memperkaya pengetahuan seputar bisnis yang akan digeluti.

Sebagai gambaran, ini dia enam peluang agribisnis yang bisa Anda jalankan dengan modal yang minim.

Advertisements

Bisnis Bonsai

Tanaman bonsai masih mempunyai penggemar dan pecintanya tersendiri. Memulai usaha atau bisnis tumbuhan bonsai tentu dapat dilakukan dengan modal minim. Jika hasil bonsai yang kita jual memiliki bentuk yang paling indah, harga jualnya pasti aka melejit.

Modal utama yang mesti Anda miliki saat memulai usaha ini ialah keterampilan dan seluk-beluk mendalam berkaitan tumbuhan bonsai. Agar akar dan batangnya bisa terbentuk dengan indah, maka terdapat beberapa perawatan khusus yang mesti Anda dilakukan.

Anda dapat mempelajarinya dengan orang yang lebih berpengalaman atau belajar secara otodidak terlebih dahulu untuk dapat memahami seluk beluk perawatan dan penanaman tumbuhan bonsai.

Pada tahap awal, mungkin Anda bisa mencoba terlebih dahulu tentang bonsai beringin. Ada banyak hal yang mesti Anda pelajari, namun yang pertama pelajari terlebih dahulu teknik mendapatkan bibit bonsai. Jika terpaksa harus membeli, pastikan Anda mengetahui harga pasarannya supaya mendapatkan harga yang ideal atau murah.

Hal kedua yang mesti Anda pelajari ialah cara menanamnya. Tanaman yang satu ini mesti ditanam dengan teknik yang benar supaya dapat bertahan hidup sampai menjadi berharga. Hal lainnya dapat Anda pelajari seraya praktik.

Bisnis Kaktus Hias

Akhir-akhir ini tumbuhan kaktus hias sangat disukai oleh masyarakat khususnya masyarakat perkotaan. Hal ini dikarenakan, kaktus hias memiliki bentuk yang mini dan paling unik serta cocok diletakkan sebagai pemanis ruangan.

Di samping itu, kaktus hias juga tidak sedikit digunakan sebagai souvenir pada banyak macam perayaan.
Tingginya permintaan masyarakat terhadap kaktus hias tentu menjadi peluang bisnis tersendiri.

Meski kaktus dinilai lebih gampang untuk dirawat, namun sebagai pelaku usaha, Anda pun harus memperhatikan dengan seksama kondisi kaktus-kaktus Anda tersebut. Jangan sampai, kaktus itu dalam keadaan buruk saat dibeli oleh pelanggan. Dalam budidaya kaktus hias, Anda perlu memperhatikan sejumlah aspek seperti:

  • Menjaga suhu ruangan
  • Pemupukan
  • Pemberian air
  • Tidak disarankan untuk terkena air hujan secara langsung.

Bisnis Sayuran Kemasan

Jika Anda berkunjung ke swalayan atau supermarket, tentu sudah tidak asing lagi dengan sayur kemasan yang dipasarkan di sana. Dibandingkan dengan jenis sayuran yang dipasarkan di warung-warung atau pasar tradisional, harga sayur kemasan akan jauh lebih mahal.

Bisnis sayuran kemasan tentu paling menjanjikan sebab masyarakat perkotaan lebih menyenangi sayuran siap masak, yang telah dibersihkan, dipotong, dan dikemas dengan rapi. Anda dapat menjual sayuran kemasan dengan beragam varian isi, seperti sayur sop dengan isisan wortel, kentang, dan brokoli, sampai jenis sayur lainnya.

Untuk menambah penjualan, cobalah bekerja sama dengan swalayan atau supermarket terdekat. Jangan lupa guna selalu menambah kualitas dan pelayanan sampai-sampai pelanggan kita semakin bertambah.

Bisnis ini bisa dilakukan dalam jangka panjang, dan mempunyai prospek bagus sebab bisnis ini tidak mengenal musim. Setiap orang memerlukan sayuran untuk kebutuhan makan sehari-hari. Namun, meskipun bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar, kita tetap butuh strategi tersendiri.

Bisnis Tanaman Hias Hidrogel

Bisnis tumbuhan hias hydrogel ini dapat Anda manfaatkan, khususnya pada pasar masyarakat perkotaan yang mengharapkan tanaman hias tetapi tidak mempunyai media tanam atau tanah guna membudidayakannya.

Hampir sama dengan sistem hidroponik tanpa tanah, tetapi tanaman hias hydrogel sendiri lebih simpel sebab yang kamu butuhkan hanyalah media gel saja, Karena mempunyai warna-warni yang paling unik, maka menempatkan tanaman hias dengan media ini akan menciptakan tanaman terlihat semakin menarik.

Beberapa jenis tumbuhan yang dapat ditanam dengan memakai hydrogel antara lain aglonema, rumput hias, Anthurium dan masih banyak lagi.

Sayuran Hidroponik

Permintaan sayuran di masyarakat perkotaan semakin tinggi. Namun sayangnya, budidaya sayuran di kota sangatlah sulit sebab lahan yang terbatas. Ini menjadi peluang agribisnis yang baik untuk Anda. Anda dapat memulai bisnis usaha sayur hidroponik untuk melayani permintaan sayur masyarakat perkotaan.

Untuk mengawali bisnis ini, Kamu dapat memanfaatkan lahan kosong di dekat rumah dan menggunakan alat dan bahan yang mudah didapatkan guna memulai mengerjakan penanaman.

Budidaya ikan cupang

Ikan mungil ini dikenal tentang keindahannya sebagai fauna hias. Tak heran, saat ini tidak sedikit orang yang ingin memeliharanya. Bahkan, tidak sedikit juga dari mereka yang ingin membudidayakan ikan cupang. Sayang, banyak orang yang belum memahami tentang teknik budidaya ikan cupang di rumah. Sebenarnya, budidaya ikan cupang relatif mudah, tidak memerlukan tempat luas serta modal yang besar.

Pada tahap memilih indukan ikan Cupang, Anda harus memastikan indukan betina dan jantan yang sudah menginjak fase dewasa atau siap kawin. Untuk membedakan ikan cupang betina dan jantan tidak terlalu sulit. Ikan cupang jantan mempunyai ciri-ciri sirip melebar, ekor lebar mengembang, tubuh lebih besar, gerakkan lincah dan warna lebih cerah.

Sedangkan, ikan cupang betina mempunyai ciri-ciri sirip pendek, ekor lebih pendek, tubuh lebih kecil, gerakkan lamban dan warna kusam.

Adapun ciri-ciri ikan cupang telah matang atau siap kawin ialah sebagai berikut:

Ciri Ikan Cupang Betina:

  • Gerakkan lambat
  • Sirip pendek
  • Warna kusam tidak menarik
  • Bentuk badan membulat
  • Bagian perut sedikit membuncit
  • Berumur sekitar 3-4 bulan

Ciri Ikan Cupang Jantan:

  • Gerakkan lincah dan agresif
  • Sirip panjang
  • Warnanya terang atraktif
  • Bentuk badan panjang
  • Berumur sekitar 4-8 bulan.

Cara budidaya ikan cupang selanjutnya adalah proses pemijahan. Pada tahap ini, Anda hanya perlu menyiapkan wadah baskom kecil atau akuarium berukuran 20x20x20 cm. Siapkan juga gelas plastik untuk ikan cupang betina. Kalian bisa menyediakan tumbuhan air seperti kiambang. Ikan cupang bisa menghasilkan 1000 butir telur.

Nantinya telur tersebut akan mulai menetas dalam kurun waktu 24 jam setelah pembuahan. Namun biasanya, dari 1000 butir hanya bisa dipanen sekitar 30-50 ikan cupang hidup.

Demikian enam peluang agribisnis yang layak Anda coba. Selamat mencoba.

Baca juga:

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *