Home » Course » Akuntansi Manajemen: Pengertian, Konsep Dasar dan Fungsi

Akuntansi Manajemen: Pengertian, Konsep Dasar dan Fungsi

Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen merupakan ilmu akuntansi yang diterapkan dalam manajemen, yaitu planning, organizing, actuating, dan controlling.

Konsep dasar akuntansi manajemen berangkat dari kebutuhan informasi yang akurat dan valid tentang suatu bisnis, perusahaan atau pun organisasi. Informasi tersebut dibutuhkan oleh pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan, seperti pengelola, pemilik modal, masyarakat dan pemerintah.

Pengelola serta pemilik modal menggunakan informasi-informasi tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan sebuah kebijakan perusahaan ke depan.

Advertisements

Pengertian menurut Ahli

Ralph Estes menganggap bahwa akuntansi manajemen adalah suatu bidang akuntansi yang luas dan berkaitan dengan pengembangan serta penggunaan informasi akuntansi.

Sedangkan Ronald M Copeland dan Paul E.Dascher mengartikan akuntansi manajemen sebagai bagian dari akuntansi yang berhubungan dengan identifikasi, pengukuran dan komunikasi informasi akuntansi untuk internal manajemen. Dengan demikian, manfaatnya bagi internal manajemen perusahaan adalah sebagai perencanaan, proses informasi, pengendalian operasi, dan pengambilan keputusan.

Konsep Dasar

Konsep dasar informasi akuntansi manajemen adalah berupa data-data yang relevan serta valid untuk mengurangi ketidakpastian, dan dapat diadaptasikan untuk memenuhi kapasitas bagi pemakainya.

Lalu, apa peran akuntansi manajemen sehingga berguna dalam pengelolaan kegiatan operasional? Peran Akuntansi pada umumnya dan Management Accounting khususnya penting dalam menyediakan informasi bagi masyarakat secara keseluruhan, terutama bagi pihak-pihak pengambil kebijakan, para manajer, dan profesional.

Terlebih jika menghadapi suatu investasi yang memiliki nilai mata uang yang penuh dengan risiko. Jika kondisi perekonomian dan sosial mengalami ketidakpastian dan sulit diramalkan, maka semakin penting pula nilai suatu informasi.

Fungsi Akuntansi Manajemen

Terdapat dua fungsi akuntasi manajemen, yaitu berfungsi sebagai mediator konflik, dan berfungsi untuk memberikan informasi tentang akibat konflik.

Sebagai Mediator Konflik

Fungsi ini merupakan salah satu kekhususan akuntansi yang dapat membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan. Tujuannya adalah agar sumber-sumber ekonomi yang dikuasai atau kekayaan perusahaan dapat dialokasikan dan ditransformasikan secara lebih efektif serta efisien.

Fungsi untuk Memberikan Informasi tentang Akibat Konflik

Fungsi ini untuk memberikan informasi mengenai aspek-aspek disfungsional yang ditimbulkan oleh konflik-konflik di dalam perusahaan.

Informasi yang bersifat keuangan merupakan hal penting yang harus memberi manfaat kepada pengelola dan pemilik kekayaan perusahaan.

Dan informasi akuntansi yang dikenal secara luas adalah laporan keuangan, yaitu neraca, laporan laba-rugi, laporan perubahan modal dan laporan arus kas.

Baca juga:

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *