Home » Info » Agar Video YouTube Ditonton Banyak Orang, Ini Tipsnya!

Agar Video YouTube Ditonton Banyak Orang, Ini Tipsnya!

Cara agar Video Youtube Ditonton Banyak Orang

Agar Video YouTube Ditonton Banyak Orang – YouTube didirikan pada tahun 2005 oleh Steve Chen, Chad Hurley dan Jawed Karim, yang ketiganya merupakan pekerja Paypal. Dikutip dari laman Wikipedia, situs YouTube kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2006. Sejak itu, YouTube terus berkembang dan saat ini menjadi media berbagi konten video paling populer di dunia.

Popularitas YouTube, tentu tak lepas dari semakin tingginya pengguna internet di dunia. Apalagi sejak diluncurkan smartphone berbasis Android, dimana orang lebih mudah mengakses YouTube dari perangkat tersebut. Dan rasanya mustahil jika saat ini, orang memegang smartphone belum pernah mengakses YouTube.

Oke, YouTube telah menjadi media yang paling banyak diminati untuk berbagi konten video. Bukan hanya perorangan, tetapi tidak sedikit juga organisasi atau lembaga yang telah menggunakan media tersebut. Tujuannya tentu beragam, ada yang hanya sekadar berbagi momen sehari-hari, sosialisasi program, pemasaran produk, atau bahkan untuk tujuan monetisasi.

Apapun tujuannya, setiap orang yang berbagi konten video di YouTube, berharap agar videonya tersebut ditonton banyak orang. Apalagi jika video yang dibagi bertujuan untuk monetisasi.

Sayangnya, tidak semua konten video di YouTube menarik perhatian orang. Jika video tersebut tidak menarik perhatian, dipastikan tidak banyak orang yang akan melihatnya.

Lantas, bagaimana cara agar video YouTube ditonton banyak orang? Teruskan membaca artikel ini.

Jenis Konten

Mungkin Anda pernah mendengar istilah “content is king“. Konten adalah raja, pun dengan video. Buatlah konten video yang dapat memberikan manfaat bagi banyak orang. Tips sehari-hari, misalnya tentang kesehatan, mungkin bisa menjadi pilihan. Atau Anda bisa membuat video terkait isu yang tengah menjadi trending topic, yang sedang banyak diperbincangkan oleh masyarakat. Intinya adalah, pikirkan terlebih dahulu topik apa yang bermanfaat bagi masyarakat, atau topik yang sedang ingin diketahui oleh masyarakat. Namun hal ini juga harus didukung dengan kemampuan Anda tentang penguasaan topik-topik tersebut.

Original dan Berkualitas

Karya yang baik adalah karya yang orisinil. Pastikan bahwa konten video yang Anda buat adalah karya Anda sendiri, bukan dari video orang lain yang Anda upload ulang. Jika terpaksa menggunakan musik untuk melengkapi video, pastikan Anda tidak melanggar hak cipta atas musik tersebut. Kemudian dari sisi kualitas, gunakan teknik pembuatan yang baik. Gunakan resolusi video yang tinggi, karena kebanyakan orang lebih menyukai tampilan video yang jernih dan detail.

Teknik SEO Video YouTube

SEO adalah singkatan dari search engine optimization. Teknik ini memungkinkan sebuah konten (termasuk video) dapat lebih bersaing untuk muncul di posisi atas pada mesin pencari seperti Google. Bagi pemula, teknik ini menjadi pekerjaan yang sulit. Namun Anda bisa mempelajarinya pada blog-blog lain yang membahas tentang teknik SEO untuk video Youtube. Bahkan di situs YouTube sendiri, sudah banyak konten video yang membahas teknik SEO untuk video YouTube. Pada kesempatan yang lain, saya akan membuat artikel teknik SEO untuk video YouTube.

Bagi Link Video YouTube

Jika video Anda sudah diunggah di YouTube, bagikan link video tersebut kepada teman, kerabat, atau komunitas Anda. Bagikan juga link video ke media sosial lainnya seperti Twitter, Facebook, dan lainnya. Ini menjadi cara yang mudah dilakukan agar video YouTube milik Anda bisa lebih cepat ditonton orang lain.

Itulah sedikit tips agar video YouTube ditonton banyak orang. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Baca juga:

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *