Home » Course » Pemasaran: Definisi, Fungsi dan Jenisnya

Pemasaran: Definisi, Fungsi dan Jenisnya

Pemasaran Definisi, Fungsi dan Jenisnya

Pemasaran merupakan bagian penting dari suatu usaha. Tanpa pemasaran, maka usaha akan sia-sia dijalankan. Sebelum disampaikan tentang fungsi dan jenis-jenisnya, berikut definisi dari para ahli.

Menurut Kotler dan Lane

Kotler dan Lane (2007) mendefinisikan pemasaran sebagai suatu proses sosial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

Menurut Ducker

Menurut Ducker (1954), pemasaran bukan sekadar perluasan dari penjualan, pemasaran sama sekali bukan aktivitas khusus, tetapi merupakan keseluruhan bisnis yang dilihat dari sudut pandang hasil akhir yang dicapai, yaitu dari sudut pelanggan. Dalam setiap bisnis hanya pemasaran dan inovasi yang menciptakan pendapatan, sedangkan yang lain hanya menciptakan biaya.

Advertisements

Fungsi Pemasaran

Pengenalan Produk

Pengenalan merupakan fungsi utama dari sebuah pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan ini, maka produk akan lebih mudah dikenal oleh pelanggan. Seorang pemasar harus mampu menyampaikan keunggulan dari produk yang dipasarkan, sehingga bisa mampu menarik perhatian lebih dibanding produk pesaing.

Riset

Riset memungkinkan perusahaan mendapatkan informasi yang tepat mengenai target pasar sebuah produk. Beberapa hal yang biasanya harus diriset adalah tentang usia, kepopuleran, jenis kelamin kebutuhan hingga keinginan dan lainnya. Dengan demikian, maka produk yang dihasilkan bisa disesuaikan dengan target pasarnya.

Distribusi

Distribusi yang baik, akan memastikan bahwa produk dapat dengan mudah dipindahkan dari lokasi produksi ke pasar luas menggunakan semua jalur, baik darat, air dan laut. Hal tersebut juga untuk memastikan suatu produk bisa dengan mudah diperoleh pelanggan. Seorang pemasar harus bisa merencanakan segala sesuatu yang diperlukan dalam proses distribusi seperti armada, dan keuangan.

Layanan Purnajual

Layanan purnajual sangat dibutuhkan untuk memberikan kepuasan pelanggan. Dalam hal ini, pemasar harus bisa membantu pelanggan setelah mereka membeli produk dari perusahannya. Misalnya ketika ada pelanggan yang merasa kesulitan mengoperasikan sebuah mesin yang dibelinya karena ada masalah. Maka tugas pemasar adalah membantu pelanggan dengan memastikan mesin tersebut dapat berfungsi atau berjalan sebagaimana mestinya.

Jenis-Jenis Pemasaran

Merek

Merek atau brand merupakan bentuk pemasaran yang memiliki fungsi sebagai iklan jangka panjang. Hal ini sangat membantu agar produk atau layanan menjadi lebih menarik dan terkenal. Merek biasanya menyertakan nama, slogan, dan logo.

Iklan Siaran

Menggunakan media radio untuk memasarkan produk biasanya dilakukan dalam bentuk iklan berbayar. Meski pendengar radio saat ini relatif lebih sedikit dibandingkan zaman dulu, namun beriklan melalui radio cukup baik digunakan untuk jangkauan pasar yang terbatas. Untuk menjangkau pelanggan lebih luas, bisa menggunakan media televisi.

Multi-Level Marketing

Pemasaran dengan sistem multi-level marketing merupakan bentuk penjualan langsung yang melibatkan banyak orang di mana perusahaan merekrut dan menjual produk-produknya. Multi-level marketing juga disebut network marketing karena tenaga penjualan akan mendapatkan komisi dari produk yang mereka jual serta komisi penjualan dari jaringannya.

Internet

Seiring dengan jumlah pengguna internet yang terus meningkat, maka internet menjadi salah satu media pemasaran yang paling diminati saat ini. Dengan internet, Anda dapat memasarkan produk dalam beragam cara seperti menggunaan email, website, media sosial.

Kesimpulan

Pemasaran merupakan hal yang penting dalam sebuah usaha, semakin baik strategi yang dilakukan pada usaha Anda, maka semakin cepat usaha atau bisnis Anda berkembang.

Demikian sedikit pembahasan tentang pemasaran dari definisi, fungsi dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *