Home » Info » SEO Youtube, Ikuti Cara Sederhana Ini

SEO Youtube, Ikuti Cara Sederhana Ini

SEO Youtube, Ikuti Cara Sederhana Ini

SEO YouTube – Seperti yang pernah saya sampaikan sebelumnya, bahwa saya akan membuat artikel tentag SEO YouTube, baru sekarang saya sempat membuatnya. SEO merupakan singkatan dari search engine optimization, dimana dengan teknik ini sebuah konten akan mampu bersaing untuk muncul di halaman pertama search engine (mesin pencari) seperti Google, Bing, Yandex dan lainnya.

Istilah SEO YouTube sebenarnya kurang sesuai, karena YouTube sendiri bukan search engine atau mesin pencari, melainkan sebuah situs berbagi konten video. Optimasi konten video untuk YouTube mungkin lebih tepat untuk menggambarkan suatu upaya agar konten video dapat bersaing di hasil pencarian pada situs YouTube. Apapun istilahnya, intinya adalah teknik ini dilakukan agar video yang diunggah di YouTube dapat bersaing sehingga bisa dilihat banyak orang.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk teknik ini?

Riset Kata Kunci (Keyword)

Langkah pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah dengan melakukan riset kata kunci atau keyword. Caranya dengan mengetikan kata kunci di kolom pencarian pada situs YouTube. Lebih jelas, Anda bisa melihat screenshot di bawah ini.

blank

Dari screenshot di atas dapat dijelaskan ketika saya mengetikan kata kunci VIDEO, YouTube akan menampilkan kata-kata populer, atau kata-kata yang paling banyak diketikan oleh para pengunjung YouTube dalam kurun waktu tertentu.

Dari sana, Anda menjadi tahu apa saja topik yang ingin dilihat orang dari deretan hasil pencarian. Jangan lupa untuk mencatatnya, karena deretan kata yang muncul inilah yang nantinya bisa Anda gunakan untuk membuat judul pada video yang akan Anda unggah.

Kata Kunci di Judul dan Deskripsi

Keyword atau kata kunci yang sudah Anda miliki dari hasil riset tadi, gunakan sebagai bagian judul. Usahakan agar keyword ditempatkan di awal kalimat judul. Selain judul, gunakan kata kunci pada deskripsi video dan ditempatkan di awal deskripsi.

Nama File dengan Kata Kunci

Gunakan kata kunci untuk menamai file konten video yang akan Anda unggah. Ini penting, agar judul, deskripsi, dan nama file mengandung kata kunci yang sama. Misalnya Anda memiliki kata kunci “video lucu”, maka gunakan kata “video lucu” pada judul, deskripsi dan nama file video tersebut.

Thumbnail yang Menarik

Buatlah thumbnail yang menarik perhatian pengunjung YouTube. Jika Anda belum mahir dalam pembuatan desain grafis, mintalah kepada teman yang ahli untuk membuatkannya.

Kata Kunci dalam Video

Apa maksud dari kata kunci dalam video? Jika Anda menggunakan kata kunci “politik” misalnya, maka ucapkan kata “politik” tadi dalam video.

Oke, sampai tahap ini saya berharap Anda sudah memahami teknik sederhana dalam mengoptimasi video untuk YouTube, atau istilah lainnya SEO YouTube. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Baca juga:

Agar Video YouTube Ditonton Banyak Orang, Ini Tipsnya!

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *