Home » Info » SEO vs SEM, Mana yang Terbaik untuk Website Anda?

SEO vs SEM, Mana yang Terbaik untuk Website Anda?

SEO vs SEM

SEO vs SEM, Mana yang Terbaik – Para pemilik website pasti menginginkan agar website miliknya bisa berada di ranking teratas search engine (mesin pencari). Apalagi jika website tersebut digunakan sebagai media bisnis atau usaha.

Sebagai upaya agar website unggul di mesin pencarian, sebagian orang menggunakan strategi SEO. Namun, tidak jarang para pengelola website juga menggunakan strategi SEM agar websitenya berada di posisi teratas hasil pencarian pada search engine seperti Google, Bing, Yandex, dan lainnya.

Sebelum lebih jauh membahas keunggulan dari kedua strategi ini, terlebih dahulu saya sampaikan pengertian dari SEO dan SEM.

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

SEO (search engine optimization) atau optimasi mesin pencari adalah strategi yang dilakukan melalui serangkaian proses secara sistematis agar sebuah website berada di posisi teratas hasil pencarian. Strategi ini dilakukan dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Advertisements

Mekanisme mesin pencari yang dimaksud adalah crawling, indexing, serta ranking. Tujuan dari SEO sendiri adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau minimal pada halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian itulah yang memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sederhananya begini, misalnya seseorang sedang mencari referensi di mesin telusur (contoh Google), tentang harga smartphone di bawah 1 juta, kemudian dia mengetikkan keyword “harga smartphone di bawah 1 juta”.

Google kemudian menampilkan website atau toko online yang menjual atau mereview harga smartphone di bawah 1 juta. Orang cenderung akan mengunjungi website atau toko online yang berada di posisi teratas hasil pencarian tersebut. Nah, website atau toko online yang telah dioptimasi SEO itulah yang berada di posisi teratas hasil pencarian Google.

Penerapan SEO

Teknik SEO sebenarnya terus berkembang dari waktu ke waktu, menyesuaikan algoritma dari mesin pencarian itu sendiri. Meski demikian, ada beberapa teknik yang menjadi dasar SEO, yaitu teknik optimasi on-page dan off-page.

Beberapa hal yang bisa dilakukan dalam optimasi on-page adalah:

  • Merapikan permalink (url) website;
  • Memasukkan keyword (kata kunci) ke dalam judul, deskripsi, dan isi konten;
  • Membuat internal link antarhalaman;
  • Mempercepat loading website;
  • Menghubungkan website dengan media sosial.

Sedangkan optimasi off-page adalah semua cara yang dilakukan untuk mengoptimalkan website dari luar. Cara yang dilakukan adalah dengan menerapkan link building, backlink, dan sebagainya. Adapun pengertian backlink adalah sebuah link yang ditanamkan di website lain yang akan mengarah ke website kita. Dalam penempatan backlink ini, usahakan dari website yang berkualitas.

Optimasi on-page dan off-page idealnya dilakukan secara bersamaan agar dapat memberikan hasil yang baik. Penerapan teknik SEO yang tepat memungkinkan sebuah website akan berada di posisi atas mesin pencarian serta mampu bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Pengertian SEM (Search Engine Marketing)

Dikutip dari laman Wikipedia, SEM atau pemasaran mesin pencari (search engine) adalah bentuk pemasaran internet yang melibatkan promosi situs web dengan meningkatkan visibilitasnya di halaman hasil mesin pencari terutama melalui iklan berbayar.

Sederhananya, SEM adalah strategi berbayar agar sebuah situs web mampu berada di peringkat atas hasil pencarian mesin pencari atau search engine.

Berbeda dengan SEO, strategi SEM memungkinkan Anda menargetkan pengunjung berdasarkan umur, lokasi, jenis kelamin, dan lainnya. Hasil dari strategi ini juga relatif lebih cepat, karena persaingan keyword hanya terjadi dengan para pemasang iklan.

Meski demikian, posisi teratas website di mesin pencari, bisa saja tergeser apabila masa aktif iklan berakhir. Apalagi jika website Anda juga tidak didukung dengan teknik SEO yang baik, maka bisa saja website Anda akan tenggelam di halaman kedua atau lainnya pada mesin pencarian.

SEO vs SEM, Mana yang Terbaik untuk Website?

Dari uraian di atas, sebenarnya Anda sudah memiliki gambaran mana yang terbaik untuk website yang Anda miliki agar mampu bersaing di mesin pencarian. SEO vs SEM, keduanya memiliki keunggulan masing-masing.

SEO memungkinkan sebuah website mampu berada di posisi teratas mesin pencari dalam jangka panjang, meskipun proses untuk mendapatkannya juga relatif lama. Sedangkan SEM memungkinkan sebuah website akan cepat berada di posisi teratas search engine, namun bisa kembali tergeser saat masa aktif iklan berbayar berakhir.

Lantas, bagaimana jika kedua strategi tersebut diterapkan berbarengan? Tentu itu adalah langkah yang lebih baik, terlebih jika situs web Anda digunakan sebagai media bisnis atau usaha. Selamat mencoba.

Baca juga:

Share This:
Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *