Home » Info » Aplikasi Mobile Banking Error, Ini Cara Mengatasinya

Aplikasi Mobile Banking Error, Ini Cara Mengatasinya

Aplikasi Mobile Banking Error

Aplikasi Mobile Banking Error – Kemajuan teknologi yang semakin pesat, merubah gaya hidup masyarakat. Pun dalam hal transaksi keuangan, masyarakat semakin banyak yang menggunakan aplikasi mobile banking. Saat ini, hampir semua bank telah memiliki aplikasi mobile banking sebagai sarana bagi nasabah untuk melakukan transaksi perbankan yang lebih praktis.

Meski demikian, di balik kepraktisan aplikasi mobile banking, tak jarang muncul error saat digunakan. Error tersebut mulai dari tidak bisa login, tidak bisa melihat saldo, sampai dengan gagal transfer. Jika hal tersebut terjadi tentu merepotkan, terlebih ketika kita dikejar waktu, misalnya saat harus melakukan pembayaran belanja online.

Penyebab dan Cara Mengatasi Error pada Aplikasi Mobile Banking

Di bawah ini dijelaskan tentang apa saja yang biasanya menjadi penyebab error pada aplikasi mobile banking serta cara mengatasinya.

1. Sim Card Tidak Terdeteksi

Perlu diketahui bahwa setiap aplikasi mobile banking sangat memperhatikan keamanan data penggunanya, dan salah satu penerapannya adalah dengan mendeteksi letak atau posisi sim card.

Advertisements

Ketika Anda berhasil memasang aplikasi mobile banking pada perangkat smartphone, sebaiknya jangan pernah melepas dan mengubah letak sim card dari posisi slot 1 ke slot 2.

Biasanya, aplikasi mendeteksi keberadaan kartu selular yang sudah diaktivasi oleh pihak bank pada slot pertama. Jika di kemudian hari kita memindah kartu selular misalnya di slot kedua atau bahkan di smartphone lain, maka akan terjadi kegagalan saat login ke aplikasi tersebut.

Jadi Anda harus memastikan kartu selular yang sudah didaftarkan untuk keperluan menggunakan aplikasi mobile banking harus berada di slot pertama.

2. Sim Card Belum Diaktivasi

Sim card yang belum didaftarkan dan diaktivasi tentu tidak bisa digunakan untuk mengakses aplikasi mobile banking. Selain itu, Anda juga tidak dapat menggunakan dua sim card yang sudah diaktivasi dalam satu ponsel karena untuk alasan keamanan.

Solusi bagi Anda yang memiliki dua rekening dan hanya memiliki satu smartphone, maka untuk menggunakannya kita harus melepas dan memasang kartu yang sudah terdaftar di slot pertama.

3. Koneksi Internet Terputus

Tidak sedikit pengguna aplikasi mobile banking mengalami masalah tidak bisa melihat saldo, melakukan transaksi pembayaran, transaksi transfer atau lainnya meskipun sudah berhasil login.

Salah satu penyebab dari error ini adalah terputusnya koneksi internet di smartphone yang digunakan. Meskipun koneksi terputus hanya sesaat, namun bisa jadi IP address sudah berubah dan terdeteksi oleh server dan aplikasi sehingga proses transaksi menjadi gagal.

Solusinya adalah, sebelum membuka aplikasi mobile banking Anda harus memastikan koneksi internet lancar. Caranya dengan melihat sinyal selular apakah stabil atau tidak. Jika menggunakan Wi-Fi pastikan juga apakah koneksinya stabil.

4. Masalah pada Server Bank

Tidak semua error aplikasi mobile banking disebabkan oleh smartphone maupun kesalahan aplikasi, namun bisa saja server dari bank yang mengalami bermasalah, misalnya ketika mereka sedang melakukan maintenance.

Solusi yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah server bank sedang dalam perbaikan atau bermasalah, adalah dengan membandingkan aplikasi yang sama pada smartphone milik teman Anda. Jika ternyata aplikasi milik teman Anda mengalami error, besar kemungkinan error terjadi akibat gangguan pada server perbankan.

5. Aplikasi Bermasalah

Kesalahan sistem pada smartphone tak jarang membuat aplikasi rusak, pun pada aplikasi mobile banking. Jika Anda sudah melakukan beberapa langkah pengecekan seperti dijelaskan di atas, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memuat ulang atau restart smartphone dan kemudian menjalankan ulang aplikasi. Jika tetap bermasalah, Anda bisa melakukan uninstall aplikasi tersebut.

Setelah aplikasi mobile banking dicopot, silakan mengunduh kembali melalui situs resmi bank yang bersangkutan, atau melalui Google Play Store (pengguna Android). Hindari mengunduh dari situs lain yang tidak terpercaya karena ada ancaman malware yang dapat membahayakan data pribadi Anda.

Demikian penyebab dan cara mengatasi aplikasi mobile banking yang bermasalah. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *