Menu Tutup

Cara Menambang Kripto, Baca di Sini!

Cara Menambang Kripto

Cara Menambang Kripto – Menambang kripto merupakan salah satu cara mendapatkan koin kripto secara mandiri. Seperti diketahui, saat ini mata uang kripto telah menjadi incaran para investor.

Mendapatkan koin kripto melalui penambangan, atau populer dengan istilah mining, menjadi cara termudah daripada harus membeli koin kripto dengan uang melalui platform exchange. Sebenarnya, membeli koin kripto juga terbilang simpel. Hanya saja, kita harus memahami dengan baik aturan main berinvestasi agar risiko kerugian menjadi lebih minim.

Advertisements

Cara Menambang Kripto

Sampai saat ini, setidaknya ada dua cara untuk menambang kripto. Simak ulasannya berikut ini.

Solo Mining

Solo mining merupakan salah satu opsi pilihan untuk melakukan penambangan koin kripto. Sebelumnya, pastikan perangkat milik Anda memiliki performa mumpuni supaya mendukung server mining koin kripto.

Gunakan perangkat yang canggih dan kuat, seperti komputer agar support dengan kartu grafis, memori penyimpanan, storage, dan tak lupa pilih internet dengan kecepatan tinggi. Hal ini wajar karena komputer harus menyala nonstop.

Jadi, jangan kaget apabila perangkat tersebut dijual seharga belasan juta rupiah. Belum lagi tagihan listrik rumah nantinya juga akan membengkak sebagai akibat perangkat harus menyala terus menerus. 

Cara menambang dengan solo mining ini sendiri menuntut kita untuk menyelesaikan algoritma secara pribadi guna memperoleh kripto. Sepintas memang terkesan ribet dan rumit. Akan tetapi, kesulitan tersebut sebanding dengan reward yang nantinya akan Anda peroleh. Singkatnya, koin kripto tersebut 100% menjadi milik Anda. Jadi, tidak akan terbagi dengan orang lain.  

Reward sebesar 100% akan menjadi milik para penambang apabila sukses menemukan blok Bitcoin. Sebagai informasi, nilai reward kurang lebih sebesar 25 BTC, atau setara dengan Rp 133.9555.000. Besar sekali bukan?

Meski terkesan sulit dan hampir tak mudah dilakukan, asalkan Anda memiliki tekad dan kemauan yang cukup kuat serta tahu strateginya, kemungkinan besar bisa memecahkan algoritma mata uang kripto secara mandiri. Namun, kembali pada sarana dan prasarananya karena tanpa kehadiran perangkat dan modal awal yang cukup besar, Anda akan kesulitan menerapkan cara menambang kripto dengan metode solo mining.

Faktanya, selain perangkat dengan harga yang mahal, Anda harus mengeluarkan biaya membayar tagihan listrik, membeli paket kuota internet, dan menanggung biaya perawatan perangkat. Wajar bukan jika perangkat canggih dengan support memadai pasti memerlukan biaya perawatan yang tidak murah. Belum lagi tingkat kesulitan menambang kripto dari hari ke hari semakin tinggi.

Mining Pool

Mining pool merupakan kebalikan dari solo mining. Jika solo mining memerlukan perangkat dengan spek mumpuni, maka lain halnya dengan mining pool.

Bagi Anda yang baru saja terjun ke dunia kripto, bisa memilih menambang kripto dengan cara yang satu ini. Jadi, tidak perlu keluar banyak uang untuk membeli perangkat dan membayar biaya perawatannya. 

Mining pool bisa diartikan sebuah kolam atau wadah yang menjadi tempat berkecimpungnya para penambang kripto dan memiliki tugas serta tanggung jawab yang sama, yakni memecahkan algoritma. Bergabungnya para penambang ini akan membuat proses mining pool menjadi lebih efektif dan efisien, baik waktu, tenaga, maupun budget.

Sayangnya, reward yang diperoleh nantinya juga menjadi hak para penambang lain di pool mining. Ini wajar karena proses penambangan adalah cara borongan, yakni dengan banyak penambang.

Meski reward yang Anda peroleh relatif lebih kecil daripada solo mining, namun ketahuilah jika mining pool minim risiko kerugian. Fakta menarik lainnya adalah para trader justru lebih memilih mining pool ketimbang solo mining.

Bahkan saat ini ada banyak sekali para penambang yang tergabung dalam mining pool. Bila Anda memutuskan untuk bergabung di mining pool, terlebih dahulu lakukan pendaftaran di salah satu mining pool pilihan.

Bila Anda seorang pemula, maka mining pool menjadi pilihan terbaik, karena tanpa modal awal besar dan tidak akan pusing memecahkan algoritma sendiri.

Itulah sedikit ulasan tentang cara menambang kripto, semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Bagikan yuk!
Posted in Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *