Lompat ke konten
Home » Info » Investasi Mata Uang Kripto, Kenali Kelebihan dan Risikonya

Investasi Mata Uang Kripto, Kenali Kelebihan dan Risikonya

Investasi Mata Uang Kripto, Kenali Kelebihan dan Risikonya

Dewasa ini, investasi menjadi salah satu ladang penghasilan yang digemari oleh sebagian orang. Salah satunya adalah investasi mata uang kripto.

Investasi kripto berbeda dengan jenis investasi lainnya. Investasi kripto merupakan aktivitas jual beli dari aset kripto yang dilakukan di exchange sejenis marketplace.

Exchange sejenis marketplace inilah menjadi platform yang mempertemukan antara pembeli dan penjual kripto. Setelah terjadi kesepakatan, maka transfer aset kripto akan berlangsung.

Saat ini, sudah banyak investasi kripto terbaik yang bisa Anda pilih. Mulai dari Ethereum, Bitcoin, VIDIX, XRP, dan investasi kripto terbaik lainnya.

Kelebihan dan Risiko Investasi Mata Uang Kripto

Sebagai seorang pemula yang ingin menjajal peluang investasi kripto, perlu strategi. Pasalnya, investasi kripto ini tidak hanya menawarkan keuntungan maupun kelebihan saja.

Banyak risiko dan kerugian yang bisa Anda alami. Untuk itulah, supaya tidak salah mengambil keputusan dan bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, berikut ini informasi mengenai kelebihan dan risiko investasi kripto.

Kelebihan Investasi Kripto

Investasi kripto memiliki beberapa kelebihan, berikut ini ulasannya.

Modal Kecil

Investasi mata uang kripto tidak perlu membutuhkan modal yang besar. Untuk memulai investasi ini, Anda hanya perlu modal kecil.

Dengan begitu, Anda tidak perlu menunggu hingga mengumpulkan banyak uang hanya untuk membeli satu koin kripto. Anda bisa menyalurkan modal sedikit demi sedikit hingga bertambah banyak. Hal ini membuat Anda memiliki kesempatan untuk meningkatkan keuntungan.

Memiliki Aplikasi Legal

Investasi kripto juga terbilang aman, karena memiliki aplikasi yang sudah legal. Aplikasi tersebut berfungsi sebagai penghubung antara investor ke pasar kripto yang sudah ada.

Aplikasi kripto yang legal ini umumnya mempunyai izin dari BAPPEBTI. Mengingat banyaknya aplikasi kripto ilegal yang mungkin saja tersebar, Anda harus bersikap selektif dan cermat dalam memilih aplikasi.

Memiliki Pertumbuhan yang Pesat

Investasi mata uang kripto memang terbukti menguntungkan karena terus mengalami pertumbuhan yang pesat. Persentase kenaikan kripto terbilang tinggi.

Sebagai contoh, pada tahun 2011 Bitcoin berada pada kisaran harga 29,6 USD. Sedangkan pada tahun 2022, harganya telah melambung tinggi mencapai 20.171 USD.

Waktu Investasi yang Fleksibel

Kelebihan lainnya, investasi kripto memiliki waktu yang sangat fleksibel. Anda tidak perlu khawatir ketinggalan jam buka transaksi.

Pasalnya, hal tersebut tidak berlaku di pasar kripto. Dengan kata lain, pasar kripto buka selama 24 jam.

Anda bisa melakukan transaksi sesuai dengan waktu luang atau di sela-sela kesibukan. Misalnya saja, saat pagi sampai sore hari Anda bekerja, malam harinya bisa masuk ke pasar kripto untuk melakukan transaksi dan begitu pula sebaliknya.

Risiko Investasi Kripto

Selain kelebihan yang sudah disebutkan sebelumnya, investasi mata uang kripto juga memiliki beberapa risiko. Salah satunya, investasi kripto memiliki regulasi yang minim, sehingga jaminan keamanannya cukup rendah.

Selain itu, investasi kripto juga bersifat sangat fluktuatif. Artinya Anda bisa mengalami kerugian kapan saja.

Meskipun sudah banyak aplikasi legal, investasi kripto masih dianggap ilegal. Tak sedikit pula transaksi ilegal yang menggunakan kripto.

Pada dasarnya, investasi kripto merupakan investasi yang memiliki volatilitas tinggi. Sehingga, para investor membutuhkan kecerdasan maupun kesabaran. Para investor yang sudah memiliki jam terbang tinggi, tidak akan terburu-buru menjual kripto ketika harga sedang turun. Beberapa investor memilih untuk membeli kripto ketika harga turun dengan tujuan investasi jangka panjang. Maka dari itulah, segala keputusan yang Anda ambil perlu kehati-hatian.

Tips Investasi Kripto

Sebenarnya, investasi mata uang kripto cukup mudah bila Anda sudah mengetahui tips dan triknya. Salah satu yang perlu Anda lakukan yakni bersikap tenang ketika harga kripto tengah turun.

Cobalah untuk tetap berpikir logis sembari melakukan riset. Hal ini menghindarkan Anda untuk mengambil keputusan yang kurang tepat.

Selain itu, Anda bisa menggunakan strategi Hold On for Dear Life (HODL) untuk jangka panjang. Meskipun harga sedang rendah, cobalah untuk tetap bertahan dan jangan langsung menjual kripto yang Anda miliki. Tips sukses investasi mata uang kripto yang tak kalah penting yakni melakukan diversifikasi koin. Anda tidak hanya fokus pada satu jenis koin saja tetapi bisa divariasikan. Hal ini bertujuan untuk menekan risiko kerugian.

Disklaimer: Tulisan di atas tidak dimaksudkan untuk memengaruhi keputusan Anda. Tindakan yang Anda lakukan dalam melakukan perdagangan aset kripto sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi Anda. Tetaplah melakukan riset secara komprehensif sebelum mengambil keputusan dalam investasi aset kripto.

Baca juga:

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *