Lompat ke konten
Home » Info » Istilah Trading Crypto, Trader Pemula Wajib Tahu

Istilah Trading Crypto, Trader Pemula Wajib Tahu

Istilah Trading Crypto

Cryptocurrency kian dikenal oleh banyak orang. Kendati demikian, tidak sedikit pula pemula yang baru saja memulai investasi kripto masih merasa kebingungan dengan istilah trading crypto yang dipergunakan. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Ya, ketika Anda memiliki rencana untuk berinvestasi cryptocurrency, maka Anda mesti mengenal berbagai istilah yang dipergunakan di dalam investasi satu ini. Pasalnya, hal tersebut bakal sangat membantu Anda ketika hendak melakukan trading.

Anda Trader Newbie? Yuk, Kenali Istilah Trading Crypto Berikut Ini!

Dewasa ini, cukup banyak orang yang berlomba-lomba untuk melakukan investasi cryptocurrency alias mata uang kripto. Seperti ETH (Ethereum), BTC (Bitcoin), bahkan mata uang DOGE. Hal tersebut lantaran cryptocurrency dinilai sebagai aset yang menguntungkan untuk diperjual-belikan. Baik untuk jangka pendek maupun dalam jangka panjang.

Walaupun volatilitas trading crypto terbilang cukup tinggi, namun begitu banyak orang yang masih terus menjajal untuk terjun ke dunia kripto. Tentu saja agar dapat memperoleh keuntungan yang optimal.

Akan tetapi, banyak istilah baru yang populer ketika melakukan trading kripto. Coba Anda kenali berbagi istilah berikut ini, seperti FUD, FOMO, HOLD, maupun istilah crypto terkini yang lain. Agar Anda dapat lebih memahami perdagangan cryptocurrency ini serta siap untuk berinvestasi kripto.

Berikut merupakan beberapa istilah crypto populer yang kerap dipakai oleh para trader atau investor kripto ketika melakukan perdagangan cryptocurrency maupun untuk melakukan analisa terhadap mata uang kripto guna membuat keputusan membeli atau menjual.

Altcoin

Merupakan sebutan lain untuk alternatif coin. Yakni koin yang hadir di pasar crypto selain Bitcoin. Ethereum, Dogecoin, Binance Coin merupakan alternatif koin di luar Bitcoin.

Fomo

Fomo sendiri memiliki arti sebagai Fear of Missing Out. Istilah satu ini kerap kali terdengar serta ditujukan untuk para pemula yang mengikuti saran dari “pemain lama” crypto supaya tidak kehilangan kesempatan ketika trading.

Fud

Lain dari fomo, istilah fud malah mengacu terhadap aktivitas yang dilakukan oleh investor itu sendiri. Hal ini berarti, fud merupakan strategi yang dilakukan oleh investor di dalam menurunkan harga koin crypto. Sehingga mereka juga bisa membelinya dengan harga yang murah.

Sebagai informasi, ketika Anda belajar seputar istilah dalam crypto, kata fudd ini juga paling kerap diucapkan, lho. Kepanjangan dari fud ini yakni Fear, Uncertainty, and Doubt.

Blockchain

Istilah trading crypto satu ini paling umum untuk Anda ketahui. Pasalnya, artinya merujuk terhadap koin kripto itu sendiri. Ya, coin crypto yang beredar saat ini memakai teknologi Blockchain. Teknologi tersebut merupakan tonggak dasar crypto, yang mana memiliki fungsi sebagai penyimpanan data transaksi digital.

Hodl

Umumnya, hodl adalah anagram dari hold. Akan tetapi, makin Anda mengenali istilah di dalam dunia crypto, maka Anda bakal mengetahui bahwa hodl sendiri mempunyai maksud mulai beralih jadi “Hold On for Dear Life“.

Istilah di atas merujuk terhadap strategi trading yang dilakukan oleh investor guna menahan maupun mempertahan aset crypto yang mereka miliki.

Mining

Di dalam dunia crypto, Mining memiliki artian sebagai aktivitas menambang yang dilakukan oleh si penambang atau miner. Mereka melakukan proses penambangan tersebut dengan mengandalkan perangkat komputer super canggih yang umumnya terkoneksi dengan jaringan internet.

Seperti layaknya menambang emas, para miner nantinya bakal berlomba-lomba dengan penambang lain di dalam mencari mata uang digital sesuai keinginannya.

Scalping

Sederhananya, scalping mempunyai arti sebagai strategi trading yang dilakukan guna meraih keuntungan dalam waktu singkat. Investor yang biasa menerapkan strategi satu ini merupakan mereka yang menginginkan untuk mencapai profit sedikit demi sedikit sejalan dengan tren harga crypto yang tak menentu.

AMA

Ama di dalam istilah trading crypto merupakan sebutan populer dari ask me anything. Hal tersebut maksudnya yaitu saat seseorang bersedia membagi pengalaman trading cryptocurrency terhadap publik. Dengan demikian, mereka meluangkan waktu guna menjawab pertanyaan yang masuk. Biasanya, hadir di dalam forum-forum.

Pump and Dump

Istilah pump and dumb ini dipakai untuk menggambarkan strategi yang sedang dilakukan oleh investor di dalam trading crypto. Banyak yang mengatakan, “koinnya sedang di-pump oleh para cukong,” atau “sebentar lagi Bitcoin akan di-dump”. Kata pertama artinya harga suatu koin bakal dinaikkan. Sementara itu, yang kedua artinya harga sebuah koin bakal dijatuhkan.

Bearish and Bullish

Bearish adalah sebutan pada saat harga stagnan dan juga mengalami penurunan. Sementara itu, Bullish merupakan kondisi ketika harga mengalami lonjakan naik. Nah, secara umum Bearish artinya “turun” sedangkan Bullish berarti “naik”.

Selain di atas, masih banyak istilah trading crypto yang perlu Anda pelajari sebelum berinvestasi cryptocurrency. Tahu istilah dalam dunia kripto bakal mempermudah Anda untuk memahami konteks pembahasan saat berbicara seputar cryptocurrency. Selain itu, Anda juga bakal lebih berhati-hati di dalam investasi mata uang crypto lantaran sudah paham istilah-istilah penting di dalamnya.

Baca juga:

Share This:

1 tanggapan pada “Istilah Trading Crypto, Trader Pemula Wajib Tahu”

  1. I’m not tһat much of a internet reader to be honest bսt your sites really nicе, keep it up!
    I’ll go ahead and bookmark your website tо come
    back latеr. Many thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *